Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video di Twitter Kini Dilengkapi dengan "Caption" Otomatis

Kompas.com - 16/12/2021, 06:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan fitur baru berupa keterangan audio berupa teks (closed caption/CC) otomatis untuk video yang diunggah di Twitter mulai Rabu (15/12/2021).

Fitur baru ini memungkinkan pengguna melihat dialog dalam format teks secara otomatis ketika menonton video di linimasa Twitter.

Selain itu, closed caption tersebut turut menampilkan informasi interpretatif lainnya dari audio yang ada di dalam video, termasuk suara latar belakang, deskripsi musik, atau isyarat audio lainnya.

Saat peluncuran, closed caption otomatis ini mendukung 30 bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, Arab, Thailand, China, Hindi, dan banyak lagi. Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno saat menulis artikel ini, dukungan untuk bahasa Indonesia belum tersedia.

Baca juga: Ini Arti TBL, Bahasa Gaul yang Trending di TikTok dan Twitter

Kehadiran fitur baru ini juga sudah diumumkan Twitter melalui sebuah twit di akun resmi Twitter Accessibility dengan handle @TwitterA11y.

"Mulai hari ini, semua video akan diberi teks keterangan otomatis. Untuk melihatnya, aktifkan teks di pengaturan perangkat seluler Anda, atau pilih tombol CC di Web," tweet @TwitterA11y.

Twitter sebenarnya sudah menghadirkan fitur caption untuk video. Namun, dulu caption ini harus diisi secara manual oleh si pembuat tweet, yakni dengan mengunggah file caption dengan format .SRT melalui Media Studio library Twitter.

Baca juga: Cara Mengunci Akun Twitter dan Mengubahnya Menjadi Privat

Namun, sekarang, video di Twitter yang berisi dialog akan secara otomatis diberikan teks keterangan.

Melalui twit terpisah, akun dengan handle @TwitterSupport menjelaskan bahwa fitur baru closed caption ini akan tersedia mengikuti bahasa asli dari video yang diiunggah.

"Teks otomatis akan muncul dalam bahasa asli yang digunakan pada video. Subtitle (teks terjemahan) belum tersedia untuk saat ini,"

Kehadiran fitur closed caption untuk video di Twitter ini disebut bakal menambah aksesibilitas penyandang tunarungu saat menonton video di Twitter.

Baca juga: Dibajak, Akun Twitter PM India Sebar Hoaks Bitcoin

Di samping itu, fitur closed caption ini juga sebenarnya berguna bagi pengguna lainnya. Sebab, selama ini, video di Twitter akan diputar secara otomatis tanpa suara.

Dengan adanya fitur closed caption, pengguna tetap bisa mendapatkan informasi dari video yang ditontonnya, meski tanpa suara sekalipun. 

Tampilan fitur baru closed caption video Twitter

Fitur closed caption ini sudah mulai digulirkan ke pengguna Twitter, baik pengguna Twitter web atau aplikasi Twitter di ponsel iOS dan Android.

Pantauan KompasTekno pada Rabu siang, fitur closed caption otomatis untuk video sudah bisa dinikmati di Twitter web dan aplikasi Twitter Android versi 9.22.0-release.0.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com