Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Kecepatan 4G dan 5G Telkomsel, Seberapa Jauh Bedanya?

Kompas.com - 16/12/2021, 13:35 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel memamerkan kemampuan jaringan generasi kelima (5G) miliknya di kantor Telkomsel Smart Office (TSO) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, operator seluler pelat merah ini memperlihatkan perbedaan kecepatan 4G dengan 5G miliknya

Adu cepat jaringan 4G dan 5G operator tersebut dilakukan menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla.

Dalam pengujian, jaringan 5G Telkomsel mampu menghasilkan kecepatan unduh (download) hingga 559 Mbps dengan kecepatan unggah (upload) mencapai 71,5 Mbps.

Baca juga: 15 Negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia

Hasil tersebut jauh lebih cepat dari layanan 4G Telkomsel yang mentok di 134 Mbps untuk kecepatan download, dan 22,5 Mbps untuk kecepatan upload. Perbandingan kecepatan kedua layanan ini bisa disimak dalam gambar berikut.

Ilustrasi hasil kecepatan download dan upload yang dihasilkan layanan 4G (perangkat kiri) dan 5G (perangkat kanan) Telkomsel.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi hasil kecepatan download dan upload yang dihasilkan layanan 4G (perangkat kiri) dan 5G (perangkat kanan) Telkomsel.
Meski terbilang kencang, kecepatan 5G ini sebenarnya masih kurang maksimal. Untuk kecepatan download, misalnya, 5G secara teori bisa menghasilkan kecepatan hingga 1 Gbps.

Menurut General Manager Network Engineering and Quality Jabotabek Jabar Telkomsel, Danny Agus, hal itu disebabkan karena Base Transceiver Station (BTS) 5G di wilayah TSO memang sudah aktif (live) dan dipakai oleh warga sekitar.

Sebagai informasi, jaringan 5G Telkomsel di wilayah ini menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz.

"Nilai maksimum pada saat user 5G-nya mungkin sedang low (sedikit) bisa mencapai 1 Gbps. Jadi kalau (5G) sudah live dan sudah aktif, pasti akan sharing (kecepatannya)," ujar Danny.

Selain menggunakan aplikasi Speedtest, Telkomsel juga membandingkan kecepatan 4G dan 5G untuk mengunduh video sebesar 2,5 GB dan melakukan streaming video 4K di YouTube.

Hasilnya, 5G Telkomsel mampu menyelesaikan unduhan video dalam waktu sekitar 1 menit, sementara 4G Telkomsel membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Ilustrasi pengalaman menonton video 4K di YouTube menggunakan perangkat 4G (kiri) dan 5G (kanan).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi pengalaman menonton video 4K di YouTube menggunakan perangkat 4G (kiri) dan 5G (kanan).
Pengalaman 4G dan 5G sendiri tampaknya tak begitu terasa berbeda saat pengujian streaming video 4K. Namun, proses pemuatan video 5G memang lebih cepat dibanding 4G.

Baca juga: Hasil Uji Kecepatan 5G Telkomsel di 6 Wilayah Jakarta dan Tangerang

Di YouTube, proses pemuatan video sendiri biasanya terlihat dari garis abu-abu yang muncul setelah garis merah. Garis-garis ini akan ditampilkan di menu seek bar yang bisa diakses di bagian bawah video.

Tambah satu spot residensial

Di samping memaparkan kecepatan 4G dan 5G, Danny juga mengatakan bahwa titik layanan 5G Telkomsel kini hadir di tujuh wilayah residensial di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Sebelumnya, hanya ada enam titik residensial yang dicakup oleh 5G Telkomsel, sehingga kini titik 5G di wilayah residensial bertambah satu.

"Tujuh spot 5G sudah kami implementasikan di Jabotabek, khususnya di wilayah residensial," imbuh Danny.

Adapun ketujuh wilayah residensial yang dicakup 5G Telkomsel saat ini adalah sebagai berikut:

Baca juga: Daftar Lokasi yang Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

  1. Alam Sutera, Bumi Serpong Damai
  2. Bumi Serpong Damai, Banten
  3. Kelapa Gading, DKI Jakarta
  4. Pantai Indah Kapuk, DKI Jakarta
  5. Pondok Indah, DKI Jakarta
  6. Widya Chandra, DKI Jakarta
  7. Menteng, DKI Jakarta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com