Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Gmail yang Penuh

Kompas.com - 18/12/2021, 12:06 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa layanan Google Mail atau Gmail memiliki penyimpanan yang terbatas? Walaupun Anda masih merasa Gmail Anda tak ada masalah dan masih bisa menerima banyak e-mail, tapi ketahuilah suatu saat penyimpanan tersebut akan penuh.

Tidak perlu kahwatir, sebab ada beberapa cara mengatasi Gmail yang penuh dan tidak bisa lagi menampung pesan masuk. Beberapa cara berikut adalah cara pintas yang akan memudahkan pengguna mengelola kapasitas Gmail yang hampir penuh.

Berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara mengatasi Gmail yang penuh dengan cepat:

Bersihkan Google Drive dan Foto Anda

Jika Anda sudah tidak dapat menerima e-mail dari pengguna lain, bisa jadi penyimpanan Gmail Anda sudah habis. Secara default Google memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB pada setiap akun Google.

Baca juga: Cara Hapus Seluruh E-mail di Gmail Secara Permanen

Namun, total kapasitas itu harus dibagi dengan beberapa layanan Google, yakni Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Sebagai gambaran, Anda memiliki 10GB foto yang diunggah ke Google Foto atau Drive, otomatis ruang yang tersedia untuk Gmail adalah 5GB.

Agar Anda tetap bisa menggunakan akun Gmail dan menerima email, Anda dapat menghapus beberapa foto atau mengosongkan data Anda pada Google Drive atau Google Photos. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan kembali ruang penyimpanan pada Gmail.

Hapus e-mail berukuran besar

Cara mengatasi Gmail penuh, klik ikon nomor 1, kemudian atur jenis file yang ingin dihapus dengan mengisi kolom yang ada di cara nomor 2.Kompas.com/Soffya Ranti Cara mengatasi Gmail penuh, klik ikon nomor 1, kemudian atur jenis file yang ingin dihapus dengan mengisi kolom yang ada di cara nomor 2.

Cara cepat utnuk mengatasi Gmail penuh berikutnya adalah dengan menghapus berbagai file e-mail yang memiliki ukuran besar. Memang mayoritas ukuran e-mail cenderung kecil. Namun mungkin saja Anda pernah mengirim beberapa file gambar dengan ukuran yang besar.

Baca juga: Gmail Punya Fitur Pencegah Salah Kirim E-Mail

Untuk menghapus file dengan ukuran besar cukup mudah. Anda perlu masuk pada kolom pencarian, klik “tampilkan opsi pencarian” yang berada pada bagian kanan kolom pencarian, seperti apda gambar (no. 1) di atas.

Kemudian, atur jenis file yang ingin dihapus berdasarkan ukuran dan waktu dengan mengklik kolom "lebih dari", ukuran dan satuannya, misalnya "25 MB", dan "cakupan tanggal" penerimaan e-mail, mulai dari sehari hingga setahun.

Hapus e-mail yang dirasa tidak penting

Anda juga dapat menyaring kotak masuk Anda dengan menghapus berbagai email tidak penting, seperti email promosi dari aplikasi yang telah Anda unduh, email yang dirasa spam, atau berbagai pemberitahuan lain yang kurang penting. Cara pintas yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan kata kunci di kolom pencarian.

Sebagai contoh, ketikkan kata kunci "promosi (sebut merek)". Bisa juga langsung langsung menyebut merek atau layanan yang sering mengirim notifikasi atau pesan iklan. Nantinya akan muncul e-mail berdaarkan kata kunci. Setelah itu hapus seluruh e-mail tersebut dengan mencentang kotak kecil di sisi atas.

Hapus e-mail lama

E-mail yang terlalu lama mungkin sudah tak penting lagi. Tumpukan e-mail ini terkadang membuat penuh ruang penyimpanan Gmail Anda. Untuk mengatasinya hapuslah email-email yang terlalu lama.

Baca juga: Cara Log Out Akun Gmail di Android dan iPhone

Bagaimana caranya? mudah sekali, klik bilah pencarian dan klik “tampilkan opsi pencarian”, Kemudian, pilih kolom “cakupan waktu”. Pilih jangkauan waktu penerimaan e-mail, mulai dri sehari sampai setahun.

Membeli ruang penyimpan tambahan

Cara terakhir yang bisa ditempuh untuk mengatasi Gmail yang penuh adalah meng-upgrade kapasitas akun Google Anda. Pengguna Google bisa membeli tambahan dengan membeli salah satu paket penyimpanan lewat apliaksi Google One.

Google menawarkan berbagai opsi paket mulai dari Rp 26.900 per bulan. Paket ini memberikan kuota penyimpanan sebanyak 100 GB yang dapat Anda manfaatkan sebanyak mungkin untuk menyimpan berbagai file dan email.

Selain itu Google juga paket lain yaitu paket standar sebanyak 200 GB dengan harga Rp 43.000 per bulan dan paket 2 Terabyte dengan harga Rp 135.000 per bulan. Daftar harga paket penyimpanan Google bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com