Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Merawat Kabel Charger iPhone agar Lebih Awet

Kompas.com - 20/12/2021, 07:03 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persoalan kabel charger (pengisi daya) iPhone alias lightning cable yang berumur pendek, gampang rusak, atau tidak awet, tampaknya cukup banyak dialami pengguna iPhone.

Bahkan, terkadang orang membeli iPhone baru sekaligus juga membeli kabel charger cadangan sebagai antisipasi ketika kabel utama rusak.

Meskipun perangkat Apple dikenal memiliki build quality (kualitas rakitan) yang baik, masalah kabel yang mudah rusak masih terus dirasakan sebagian pengguna hingga saat ini. Padahal, harga untuk membeli kabel charger iPhone baru yang asli juga tidak murah.

Baca juga: Apa Bedanya Charger iPhone Orisinal dan KW

Di toko distributor resmi Apple, iBox misalnya, kabel charger iPhone dijual dengan harga Rp 399.000. Tentu akan menguras kantong apabila membeli kabel charger iPhone berulang kali.

Bentuk kerusakan kabel charger iPhone pada umumnya adalah karet pelapis mengelupas. Apabila karet yang mengelupas itu dibiarkan terlalu lama, maka kabel dan konektor bisa putus.

Biasanya, kebanyakan orang ketika mendapati karet pelapis sudah mulai mengelupas, akan menutupinya dengan tape. Perlu diketahui, cara ini tidak bisa bertahan lama karena biasanya bagian yang mengelupas akan menjalar.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperlama masa pakai dari kabel charger iPhone. Berikut beberapa tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet, dirangkum KompasTekno dari Apple Gazette, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Apple Terangkan Ciri Charger iPhone dan iPad Asli

Hindari mengisi daya sambil menjalankan aplikasi berat

Tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet yang pertama adalah menghindari mengisi daya atau "ngecas" sambil menjalankan aplikasi berat, seperti game atau editing.

Sebab, aplikasi tersebut dapat menyerap daya baterai dalam jumlah yang cukup besar. Mengisi daya sambil membuka aplikasi berat membuat suhu charger meningkat atau menjadi panas karena bekerja terlalu keras saat proses charging.

Suhu panas itu dapat menyebabkan kabel charger yang berbahan dasar semacam karet ini, mengelupas.

Pelindung charger iPhone berbentuk spiral.Ali Express Pelindung charger iPhone berbentuk spiral.

Gunakan pelindung kabel charger khusus

Kabel charger iPhone yang mudah mengelupas juga dapat dihindari dengan pemasangan palindung kabel khusus.

Alat yang berbentuk spiral memanjang ini, dapat dengan mudah ditemukan di toko penjual aksesoris ponsel atau e-commerce.

Baca juga: Begini Bentuk Charger iPhone Kalau Pakai USB Type-C

Anda dapat melilitkan alat pelindung tersebut ke kabel charge untuk menghindari kontak langsung dengan suhu panas atau beda tajam.

Selain pelindung kabel khusus, Anda juga dapat melilitkan tape yang biasa digunakan untuk merekatkan kabel elektronik, ke seluruh bagian kabel charger. Ini juga dapat membuat kabel charger iPhone Anda lebih awet.

Gulung kabel charger dengan benar

Cara menggulung kabel charger iPhone yang benar.Smart Fix Ghana Cara menggulung kabel charger iPhone yang benar.
Pastikan bahwa Anda menggulung kabel charger dengan benar. Kabel charger tidak boleh terlipat-lipat secara sembarangan. Kabel juga tidak boleh digulung terlalu kencang dan rapat agar pelapis karet tidak tertekuk.

Baca juga: Ini Daftar Harga Charger iPhone 12 di Indonesia Jika Dibeli Terpisah

Sebab, lipatan dengan sudut yang tajam dapat membuat karet pelapis mengelupas. Anda dapat meniru cara menggulung kabel charger seperti gulungan kabel yang dibuat Apple dalam kotak iPhone. Jadi, Anda dapat menggulung kabel charger dengan membentuk lingkaran.

Selain itu, ketika Anda mengemas kabel charger dalam sebuah wadah (misal tas atau kantong) pastikan tidak terdapat benda tajam di sekitarnya. Benda tajam dapat dengan mudah membuat gorensan yang menyebabkan lapisan karet kabel charger mengelupas.

Demikian tips merawat kabel charger iPhone agar lebih awet. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com