Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Y32 Meluncur, Ponsel Pertama dengan Snapdragon 680

Kompas.com - 20/12/2021, 08:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vivo meluncurkan smartphone terbaru dari lini Y-Series, yaitu Vivo Y32 di China. Ponsel ini merupakan smartphone pertama yang dibekali System-on-Chip (SoC) Snapdragon 680 bikinan Qualcomm.

Chipset tersebut diperkenalkan pada Oktober lalu. Snapdragon 680 ini dibuat dengan fabrikasi 6nm yang mengandalkan CPU Kryo 265 dengan clockspeed 2,4 Ghz dan GPU Adreno 610.

Keistimewaan chipset Snapdragon 680, Qualcomm menempatkan Image Signal Processor (ISP) Spectra 346 yang akan meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar. ISP ini memungkinkan chipset untuk memproses gambar dari tiga kamera secara simultan.

Baca juga: Qualcomm Rilis 2 Chip Baru untuk PC dan Laptop Windows

Untuk spesifikasi layarnya, Vivo Y32 mengusung panel LCD berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel), refresh rate 60 Hz, dan aspect ratio 20:9. 

Layar tersebut memiliki poni berbentuk tetesan air (waterdrop) sebagai rumah dari kamera selfie 8 MP.

Beralih ke bagian punggung, ada modul kamera berbentuk persegi panjang sebagai rumah bagi dua kamera belakang, yaitu kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP, serta sebuah lampu flash LED.

Untuk sektor software, Vivo Y32 menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka khas Vivo, Origin OS 1.0. Ponsel ini hadir dalam satu opsi RAM dan penyimpanan internal, yaitu 8/128 GB.

Bila dirasa kurang, ponsel ini memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 1 TB. Lalu, Vivo juga membeklai Vivo Y32 dengan fitur Extended RAM yang dapat digunakan untuk menambah RAM sebesar 4 GB.

Baca juga: Ini Dia, Ponsel Vivo Pertama dengan Baterai 6.000 mAH

Ponsel ini ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 18 watt. Dengan kapasitas baterai tersebut, Vivo Y32 diklaim dapat menemani pengguna bermain game selama 13 jam atau mendengarkan musik hingga 143 jam.

Fitur lain yang dibawa ponsel ini termasuk fingerprint side-mounted (terintegrasi dengan tombol power), jack audio 3,5mm, USB tipe C, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 5.0, Game Box 10.0, serta Multi-Turbo 5.5

Di China, Vivo Y32 hadir dalam varian warna Harumi Blue Foggy Night. Ponsel ini dibanderol seharga 1.399 Yuan atau setara Rp 3,1 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (20/12/2021).

Belum ada informasi resmi apakah ponsel ini akan dijual di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com