Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Akun DANA dan "Upgrade" ke Premium

Kompas.com - 30/12/2021, 16:06 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com -DANA merupakan salah satu aplikasi layanan keuangan digital yang cukup populer di Indonesia. Sebagaimana layanan dompet digital lain, DANA bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless atau non-tunai.

Tidak hanya pembayaran di gerai, DANA juga bisa digunakan untuk pembayaran online, seperti pembelian produk melalui e-commerce, transfer uang ke rekening bank, dan sebagainya.

Dengan fitur yang disediakan DANA, pengguna tidak perlu repot membawa uang tunai untuk bertransaksi. DANA juga dapat digunakan untuk transaksi di berbagai merchant lain, seperti Alfamart, TIX ID, transfer saldo ke rekening BCA, membayar iuran BPJS, dan beberapa fitur lainnya.

Baca juga: Pengguna Dana Mengeluh Ada Gangguan, Tidak Bisa Transaksi dan Transfer

Cara daftar akun DANA

Apabila Anda ingin menikmati layanan-layanan tersebut, Anda harus memiliki akun DANA terlebih dahulu. Cara daftar akun DANA cukup mudah, simak penjelasan berikut ini:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi DANA di ponsel, Anda dapat mengunduh aplikasi DANA melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) lalu menginstalnya.
  2. Setelah itu, buka aplikasi DANA dan masukkan nomor ponsel Anda yang aktif. Nomor ponsel itu akan menjadi ID DANA Anda nantinya.
  3. Setelah memasukkan nomor ponsel, DANA akan mengirimkan kode (OTP) via SMS. Kemudian, masukkan kode (OTP) itu ke aplikasi.
  4. Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP
  5. Berikutnya, buat PIN DANA dengan kombinasi 6 digit angka dan ulangi untuk mengkonfirmasinya.
  6. Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya dan selesai, kini Anda telah memiliki akun DANA.
  7. Akun DANA Anda kini dapat digunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant tersebut. Namun, akun DANA tersebut belum bisa digunakan untuk fitur kirim DANA atau transfer saldo DANA ke rekening bank.

Baca juga: Pengguna Dana Mengeluh Tidak Bisa Transfer dan Tarik Saldo

Cara upgrade akun DANA Premium

Anda dapat menggunakan fitur kirim DANA apabila akun DANA anda sudah di-upgrade ke premium atau biasa disebut sebagai akun DANA Premium.

Untuk upgrade ke akun DANA Premium, persiapakan KTP terlebih dahulu. Apabila Anda ingin upgrade jadi akun DANA Premium, ikuti cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi DANA di HP Anda
  2. Klik opsi "Saya" yang berada di bagian bawah halaman utama aplikasi
  3. Setelah itu, akan muncul informasi akun DANA Anda, lalu klik opsi "VERIFIKASI AKUN ANDA"
  4. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengambil foto KTP Anda yang sudah dipersiapkan tadi
  5. Setelah itu, Anda diminta melakukan proses pemindaian untuk verifikasi wajah. Pastikan Anda berada di ruang dengan pencahayaan yang baik agar wajah mudah dipindai.
  6. Masukkan, nama lengkap dan nomor identitas di KTP
  7. Setelah lengkap semua, klik "Kirim" dan tunggu beberapa saat hingga proses verifikasi selesai.

Baca juga: Ovo dan Dana Disebut Sepakat Merger Demi Lawan GoPay

Ilustrasi cara upgrade akun DANA PremiumDANA Ilustrasi cara upgrade akun DANA Premium

Verifikasi ini tidak membutuhkan waktu lama. Apabila verifikasi berhasil, bakal muncul pemberitahuan di aplikasi. Setelah berhasil, Anda dapat langsung menikmati fitur kirim DANA.

Selain fitur tersebut, keuntungan lain dari akun DANA Premium adalah Anda akan memperoleh limit saldo hingga 10 juta rupiah. Demikian cara daftar dan upgrade akun DANA Premium, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com