Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Buka Sekolah E-sports Pertama dengan Kurikulum Khusus

Kompas.com - 03/01/2022, 07:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga elektronik atau e-sports tampaknya bakal semakin mendapat sorotan di 2022 ini. Pasalnya, Jepang baru saja membuka sekolah khusus e-sports perdananya yang diberi nama eSports High School di tengah kota Shibuya, Tokyo, Jepang.

Sekolah tersebut setara dengan tingkat SMA dan menghadirkan kurikulum khususberbasis e-sports. Sekolah ini diklaim bisa membekali para siswanya dengan pengetahuan tidak hanya seputar permainan game, melainkan juga industri game secara keseluruhan.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, eSports High School dibekali dengan berbagai fasilitas, dua di antaranya yang bisa dibilang menarik adalah "Shibuya eStadium" dan "Care Training Space".

Baca juga: Epic Games Store Gratiskan Game Tomb Raider dan Gelar Diskon hingga 75 Persen

Di Shibuya eStadium, terdapat beragam komputer (PC) gaming dengan spesifikasi mumpuni, berikut aneka layar komputer yang diklaim berukuran besar yang bisa digunakan untuk melatih para siswa bermain game kompetitif.

Kemudian di Care Training Space, para siswa bisa belajar bagaimana cara untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan mental mereka, agar tetap fit meski bermain game terus menerus.

Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di eSports High School.JapanToday Ilustrasi kegiatan belajar mengajar di eSports High School.
Nah, sekolah khusus e-sports ini bakal membekali siswa dengan pengetahuan e-sports dan industri game secara umum, bukan sekadar bermain game.

Khusus untuk industri game, siswa akan diajarkan dengan dunia game kompetitif berbasis game-game populer yang bergenre first-person shooter (FPS), third-person shooter (TPS), real-time strategy (RTS), hingga multiplayer online battle arena (MOBA).

Sehingga ketika siswa lulus nanti, mereka bisa bekerja menjadi salah satu dari para pelaku di industri game dan e-sports seperti menjadi wartawan yang khusus meliput game, shoutcaster, YouTuber, desainer game, programmer, streamer, developer, hingga pro player.

Baca juga: Ini Daftar Game PS Terbaik 2021 Versi Sony PlayStation Blog

eSports High School sendiri didirikan atas inisiatif dari NTTe-Sports, unit bisnis game dan e-sports dari perusahaan operator seluler asal Jepang, Nippon Telegraph and Telephone (NTT) yang bekerja sama dengan klub sepakbola yang berbasis di Tokyo, Tokyo Verdy.

Rencananya, sekolah ini akan memulai tahun ajaran baru perdananya pada April 2022 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari JapanToday, Senin (3/1/2022).

Penyelenggara sekolah juga bakal memulai sesi orientasi bagi para siswa yang tertarik masuk ke eSports High School pada 23 Januari 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com