Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022

Kompas.com - 03/01/2022, 08:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Reputasi TikTok diprediksi akan semakin populer di tingkat global. Menurut perusahaan riset Insider Intelligence, TikTok diramalkan akan menjadi media sosial terbesar ketiga di dunia.

TikTok bakal lebih besar dari Twitter, dan akan membayangi Facebook dan Instagram, dari segi jumlah pengguna aktif.

Dalam laporannya, Insider Intelligence memprediksi bahwa TikTok akan memiliki pengguna aktif mencapai 755 juta orang pada tahun 2022.

Angka tersebut diraih berdasarkan pertumbuhan pengguna TikTok pada tahun 2020 yang mencapai 59,8 persen dan 40,8 persen pada tahun 2021.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk

Sementara itu, Facebook diperkirakan bakal memimpin di posisi pertama dengan total pengguna aktif bulanan sebesar 2,1 miliar pada tahun 2022.

Tercatat bahwa jumlah pengguna aktif Facebook mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen dari tahun ke tahun (year-on-year/yoy).

Tepat di bawah Facebook, Instagram konon akan mempunyai total 1,28 miliar pengguna aktif dalam satu tahun ke depan.

Daftar 5 media sosial beserta jumlah pengguna aktif yang akan diperoleh di tahun 2022.Insider Intelligence Daftar 5 media sosial beserta jumlah pengguna aktif yang akan diperoleh di tahun 2022.

Sementara itu, dua posisi terbawah diisi oleh Snapchat dan Twitter dengan prediksi jumlah aktif masing-masing sebesar 464 juta dan 345,3 juta pada tahun 2022.

Baca juga: Ini Arti TBL, Bahasa Gaul yang Trending di TikTok dan Twitter

Adapun daftar urutan lima media sosial beserta jumlah pengguna aktif yang akan diperoleh pada tahun 2022 adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Insider Intelligence, Selasa (3/1/2022).

1. Facebook (2,1 miliar pengguna)
2. Instagram (1,28 miliar pengguna)
3. TikTok ( 755 juta pengguna)
4. Snapchat (464 juta pengguna)
5. Twitter (345,3 juta pengguna)

TikTok kian naik daun

Popularitas TikTok semakin meroket dalam beberapa tahun terakhir. Lembaga riset Sensor Tower mencatat bahwa TikTok telah berhasil mencetak angka unduhan sebanyak 2 miliar di Google Play Store dan App Store sepanjang kuartal I-2020.

Baca juga: Cara Membuat Secreto, Kirim Pesan Rahasia Secara Anonim di Instagram, WhatsApp, dan TikTok

Sedangkan pada Juli 2021, Sensor Tower menobatkan TikTok dan Douyin, nama aplikasi serupa di China, sebagai aplikasi non-Facebook pertama yang berhasil mencapai 3 miliar unduhan secara global di Google Play Store dan App Store.

Dalam laporan terpisah, perusahaan analitik dan data mobile App Annie melaporkan bahwa mengalami pertumbuhan sebesar 325 persen pada tahun 2020.

Akibat dari pertumbuhan tersebut, Insider Intelligence memperkirakan pangsa pengguna TikTok juga akan mengalami kenaikan melebihi 20 persen pada kuartal I-2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com