Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmikan Gaming Hub, Bisa Main Game Langsung dari TV

Kompas.com - 04/01/2022, 10:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melalui ajang pameran Consumer Electronic Show (CES) 2022, Samsung resmi mengumumkan kehadiran layanan cloud Samsung Gaming Hub.

Melalui Samsung Gaming Hub, pengguna bisa menikmati sederet layanan streaming game berbasis cloud, yang mencakup Nvidia GeForce Now, Google Stadia, dan Utomik.

Pengguna juga akan diberikan akses penuh untuk menelusuri, membeli, hingga memainkan langsung game melalui perangkat Samsung TV.

Samsung Gaming Hub bisa diakses dengan menghubungkan controller ke TV tanpa memerlukan bantuan konsol atau perangkat pendukung lainnya.

Platform streaming khusus gaming ini hadir dengan pengaturan tombol akses cepat, daftar game terbaru, hingga mode zoom.

Baca juga: Mengintip Kecanggihan Smart TV Micro LED Samsung yang Meluncur 2022

Layanan gaming yang berbasis sistem operasi Tizen ini nantinya juga akan mendukung controller dari seri PlayStation dan Xbox.

Selain bisa menjalankan berbagai daftar game yang tersedia di Nvidia GeForce Now, Google Stadia, dan Utomik, pemain juga dapat menyaksikan video melalui layanan YouTube Gaming.

Samsung Gaming Product Director Mike Lucero mengatakan bahwa Samsung Gaming Hub akan mulai tersedia pada perangkat Samsung Smart TV terbaru yang akan dirilis mulai tahun 2022.

Masih belum diketahui secara pasti apakah Samsung Gaming Hub juga akan hadir di lini Smart TV Samsung sebelumnya yang sudah dirilis.

"Kami memulai dengan model 2022 dan bekerja untuk membuat Gaming Hub tersedia bagi lebih banyak pelanggan Samsung," ungkap Lucero sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Google Stadia Sudah Bisa Dimainkan di Samsung Galaxy, Asus, dan Razer

Selain itu, masih belum diketahui juga apakah Samsung Gaming Hub akan mendukung layanan streaming dalam kualitas 4K atau tidak.

"Kami akan mengumumkan detailnya saat kami semakin dekat dengan peluncuran," pungkas Lucero.

Kehadiran layanan streaming khusus gaming pada perangkat TV sejatinya bukanlah hal yang baru. Sebelum Samsung, beberapa brand lain telah memboyong layanan serupa pada perangkat buatan mereka.

Beberapa di antaranya seperti LG yang telah menyediakan layanan Stadia dan GeForce Now pada sejumlah model TV tertentu.

Baca juga: Sega dan Microsoft Kerja Sama Layanan Cloud Gaming

Selain tersedia pada TV buatan LG, Stadia juga sudah bisa diakses pada perangkat Google TV serta beberapa Android TV besutan TCL dan Hisense.

Pengguna juga bisa menghubungkan TV ke perangkat pendukung cloud gaming khusus seperti Chromecast di Google TV untuk menjalankan Stadia, Fire TV Stick untuk menjalankan Luna, atau Nvidia Shield untuk mengakses GeForce Now atau Stadia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com