Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ponsel Misterius Realme Siap Masuk Indonesia, Realme 9 Pro?

Kompas.com - 05/01/2022, 09:32 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme tampaknya tengah bersiap meluncurkan dua smartphone terbarunya di Indonesia di awal 2022 ini.

Hal ini mencuat laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di mana ada dua ponsel misterius Realme yang lolos uji sertifikasi.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (4/1/2022), kedua smartphone Realme yang belum diketahui namanya tersebut hadir dengan nomor model "RMX3511" dan "RMX3472".

Baca juga: Realme GT 2 Pro Bertenaga Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Segera Masuk Indonesia?

Kedua ponsel ini sendiri resmi mendapatkan sertifikat TKDN Kemenperin pada 22 dan 24 Desember 2021 lalu. Keduanya sama-sama mengantongi nilai TKDN sebesar 31,85 persen.

Adapun tangkapan layar laman TKDN Kemenperin yang menyantumkan informasi sertifikasi kedua ponsel tersebut bisa disimak pada gambar di bawah ini:

Sertifikat TKDN Kemenperin untuk 2 ponsel misterius Realme.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Sertifikat TKDN Kemenperin untuk 2 ponsel misterius Realme.
Realme Indonesia belum mengumbar informasi apapun terkait dua ponsel baru yang telah disertifikasi itu.  Namun, apabila mengacu pada rumor yang berseliweran, nomor model RMX3511 konon merupakan Realme C35, sementara RMX3472 merupakan Realme 9 Pro.

Baca juga: Realme Umumkan Masuk Segmen High-end, Bakal Jual Ponsel Mahal

Realme C35 merupakan seri ponsel entry-level dari Realme yang bisa jadi penerus dari Realme C25 yang sudah diluncurkan pada Maret 2021 lalu. 

Konon, ponsel tersebut dibekali dengan layar 6,6 inci dengan resolusi HD Plus, chipset Mediatek Helio G80, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, baterai 6.000 mAh, kamera selfie 12 MP, dan tiga kamera belakang dengan konfigurasi 16 MP + 5 MP + 2 MP. 

Sementara itu, Realme 9 Pro merupakan ponsel mid-range dari Realme yang merupakan sukesor dari Realme 8 Pro yang sudah diluncurkan juga pada Maret 2021 lalu.

Berdasarkan kabar yang sudah beredar, ponsel tersebut dibekali dengan layar 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus, chipset Snapdragon 730, RAM 8 GB, memori internal 128 GB, baterai 6.000 mAh, serta kamera utama dengan resolusi 108 MP.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Realme C25Y di Indonesia

Belum bisa dipastikan apakah benar dua ponsel yang lolos TKDN Kemenperin itu merupakan Realme C35 dan Realme 9 Pro. Begitu juga soal detail spesifikasinya, belum bisa dipastikan apakah akurat atau tidak.

Satu hal yang pasti, apabila sudah terpampang di laman TKDN Kemenperin, maka ada kemungkinan kedua ponsel tersebut bakal meluncur dalam waktu dekat di Tanah Air, dan informasi nama dan spesifikasi tadi bisa terkuak ke publik. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com