Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy S21 FE

Kompas.com - 05/01/2022, 11:33 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S21 FE sempat diragukan kehadirannya. Pasalnya, sejumlah isu mengatakan bahwa Samsung S21 FE bakal bernasib miris.

Beberapa rumor menyebut Samsung S21 FE akan dibatalkan, imbas dari kelangkaan chip yang tengah melanda industri teknologi dunia.

Namun, isu miring tersebut nyatanya tidak terbukti. Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy S21 FE 5G kepada publik pada Selasa (4/1/2022) waktu Indonesia.

Samsung Galaxy S21 FE 5G menjadi ponsel Samsung pertama yang diperkenalkan pada 2022 ini. KompasTekno mendapat kesempatan mencoba Samsung S21 FE 5G versi Indonesia.

Baca juga: Video: Unboxing dan Hands-on Review Samsung Galaxy S21 FE 5G Indonesia

Begini kesan yang kami dapat saat pertama kali mencoba Samsung S21 FE 5G.

Kotak kemasan Samsung S21 FE 5G

Isi dan kelengkapan Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia. Tidak ada kepala charger, earphone dan softcase. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Isi dan kelengkapan Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia. Tidak ada kepala charger, earphone dan softcase.
KompasTekno mendapat kesempatan untuk mencoba Galaxy S21 FE 5G berwarna putih.

Ukuran kotak kemasan dari ponsel ini tampak ramping dan simple. Wajar saja, karena Samsung tidak menyertakan charger di dalam paket pembelian tersebut.

Kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE didominasi oleh warna putih dengan huruf "S" berwarna silver di bagian depan.

Tampilan kemasan ini tampak ringkas dan tidak neko-neko. Terdapat tulisan "Galaxy S21 FE" di bagian bawah dan sisi kiri.

Kotak kemasan ini juga memiliki motif yang hanya akan terlihat jika dilihat dengan seksama. Motif tersebut mewakili sejumlah ikon dari fitur yang dibawa seperti kamera macro, mode gelap, dll.

Seperti di kotak kemasan varian Galaxy S21 lainnya, Samsung juga menghilangkan kepala charger untuk Galaxy S21 FE 5G. Juga tidak ada earphone serta aksesori lain seperti softcase.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G di Indonesia

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy S21 FE 5G ini hanya berupa buku panduan singkat, kabel charger USB-C ke USB-C, kartu garansi, serta SIM ejector.

Ringan dan solid

Di sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan power. Tombol power tersebut juga dapat difungsikan sebagai shortcut untuk asisten virtual Bixby. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Di sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan power. Tombol power tersebut juga dapat difungsikan sebagai shortcut untuk asisten virtual Bixby.

Kesan pertama yang kami dapat dari Samsung Galaxy S21 FE 5G adalah nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan.

Bobot dari Samsung Galaxy S21 FE 5G ini juga terasa ringan. Mengutip halaman GSM Arena, bobot ponsel ini sekitar 177 gram saja dengan dimensi 155,7 x 74,5 x 7,9 mm, lebih ringan ketimbang Samsung Galaxy S20 FE yang dirilis tahun lalu.

Bobot tersebut mengingatkan kami kepada Samsung Galaxy M52 5G yang juga terasa sangat enteng. Dengan demikian, Samsung Galaxy S21 FE 5G terasa nyaman saat berada dalam saku.

Jika dibandingkan dengan varian Samsung Galaxy S21 lainnya, ukuran layar Samsung Galaxy S21 FE 5G berada di antara Galaxy S21 reguler dan Galaxy S21 Plus.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali layar seluas 6,4 inci. Sementara Samsung Galaxy S21 reguler memiliki layar 6,2 inci dan Samsung Galaxy S21 Plus punya layar 6,7 inci.

Namun, meski sedikit lebih besar, Galaxy S21 FE memiliki tepian yang membulat, sehingga terasa pas dan nyaman untuk digenggam.

Bingkai Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari aluminium yang solid, sementara cover belakang ponsel tersebut terbuat dari plastik polikarbonat dengan finishing matte.

Bagian belakang Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang membuat penampilannya terlihat murah.KOMPAS.com/Yudha Pratomo Bagian belakang Samsung Galaxy S21 FE 5G terbuat dari bahan plastik polikarbonat yang membuat penampilannya terlihat murah.

Bagian belakang Samsung S21 FE terbuat dari bahan plastik, termasuk modul kamera belakang yang terlihat sedikit menonjol.

Bodi plastik inilah yang membuat Samsung Galaxy S21 FE 5G terkesan "murah".

Walaupun demikian, plastik dengan finishing matte tersebut terasa cukup kesat ketika digenggam, sehingga ponsel tidak mudah jatuh dari tangan. Finishing tersebut juga membuat sidik jari tidak mudah menempel di bagian belakang.

Di sisi kanan Samsung Galaxy S21 FE 5G, terdapat tombol volume serta power yang bisa menjadi shortcut untuk asisten virtual Bixby.

Di bagian bawah, terdapat laci untuk dua kartu SIM tipe Nano. Namun, Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak menyediakan slot untuk MicroSD sebagai penyimpanan tambahan.

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan slot dual SIM, namun, tidak ada slot MicroSD di ponsel ini. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan slot dual SIM, namun, tidak ada slot MicroSD di ponsel ini.

Selain laci untuk kartu SIM, di bagian bawah terdapat pula port USB tipe C dan satu grill speaker. Samsung Galaxy S21 FE 5G ini bisa mengeluarkan suara stereo dengan satu speaker di bagian bawah dan satu lagi terselip di bagian frame atas.

Sementara di sisi kiri ponsel terlihat polos tanpa tombol dan di bagian atas terdapat mikrofon dan speaker yang nyaris tidak terlihat.

Layar AMOLED

Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control.

Terdapat sebuah punch hole di bagian tengah atas layar yang memuat kamera 32 megapiksel.

Layar Samsung Galaxy S21 FE 5G bisa menampilkan gambar dengan tingkat kecerahan dan warna yang sangat baik.

Kami juga mencoba menggunakan Samsung Galaxy S21 FE 5G di bawah terik matahari. Hasilnya, tampilan layar masih dapat terlihat jelas dengan warna yang tetap tajam.

Samsung Galaxy S21 FE 5G mendukung refresh rate 120 Hz yang membuat gerakan animasi saat menggulirkan layar atau pindah aplikasi terlihat sangat mulus.

Layar Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki aspect ratio 19,5:9. Sedikit berbeda dengan ukuran Galaxy S pada umumnya, yakni 20:9.

Jika dilihat, layar Samsung Galaxy S21 FE 5G terlihat memenuhi bodi ponsel. Bingkai hitam di sekeliling layar terlihat cukup tipis, namun, sedikit lebih tebal di bagian bawah.

Android 12 yang cantik dan gesit

Samsung Galaxy S21 FE 5G sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antar muka khas Samsung, OneUI 4.

Baca juga: Melihat One UI, Antarmuka Masa Depan untuk Ponsel Samsung

OS Android 12 sendiri membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih simpel. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Dipadankan dengan hardware yang mumpuni, Android 12 terasa sangat gesit berjalan di Samsung Galaxy S21 FE 5G. Sebagai informasi, Samsung Galaxy S21 FE 5G versi Indonesia dibekali dengan chipset Exynos 2100 yang dibuat dengan fabrikasi 5nm.

Di bagian atas layar terdapat sebuah punch hole yang menampung kamera selfie sebesar 32 MP. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Di bagian atas layar terdapat sebuah punch hole yang menampung kamera selfie sebesar 32 MP.

Chipset tersebut disandingkan dengan RAM 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 128 GB dan 256 GB.

Material You yang diusung Android 12 terlihat memiliki warna yang simple namun ciamik. Salah satu ciri khas Android 12 adalah kemampuan sistem menyesuaikan warna panel sesuai dengan warna yang dominan dari wallpaper yang dipilih.

Selain desain dan tampilan, kinerja Android 12 di Samsung Galaxy S21 FE 5G lebih responsif.

Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Spesifikasi Samsung S21 FE di Indonesia

Apabila Anda berencana membeli Samsung S21 FE 5G, ada baiknya melihat tabel spesifikasi berikut ini sebagai pertimbangan:

  Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G
Dimensi dan bobot 74,5 x 155,7 x 7,9 mm, 177 gram
Layar Dynamic AMOLED 6,4 inci Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz,Eye Comfort Shield dengan AI based blue light control
Chipset Exynos 2100 5nm (versi Indonesia)
CPU dan GPU CPU: 5nm 64-bit Octa-Core processor
GPU: Adreno 660
RAM dan memori penyimpanan 8 GB/128 GB
8 GB/256 GB
SIM dan microSD Dual SIM, tanpa slot microSD
Kamera belakang Kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), FOV 123 derajat
Kamera wide 12 MP, dual Pixel AF, OIS, (f/1.8)
Kamera telephoto 8 MP, 30x space zoom, (f/2.4)
Sistem operasi Android 12, One UI 4
Baterai 4.500 mAh, fast charging 25 Watt (dengan kabel)
fast charging 15 Watt (wireless)
Fitur lainnya Optical Fingerprint, NFC, sertifikasi IP68
Kamera depan 32 MP (f/2.2), FOV 81 derajat
Warna Olive, Lavender, White, dan Graphite
Harga  Update harga 7 Januari 2022
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Samsung Perkenalkan Memori LPDDR5X Terkencang untuk Ponsel dan AI

Samsung Perkenalkan Memori LPDDR5X Terkencang untuk Ponsel dan AI

Hardware
Penerbit 'GTA 6' PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Penerbit "GTA 6" PHK 600 Karyawan dan Batalkan Proyek Rp 2,2 Triliun

Game
TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

TikTok Notes, Aplikasi Pesaing Instagram Meluncur di Dua Negara

Software
HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

HP Vivo T3X 5G Meluncur dengan Snapdragon 6 Gen 1 dan Baterai Jumbo

Gadget
Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat 'Ngetwit'

Siap-siap, Pengguna Baru X Twitter Bakal Wajib Bayar Buat "Ngetwit"

Software
Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

Daftar Paket Internet eSIM Telkomsel, PraBayar, Roaming, Tourist

e-Business
8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

e-Business
Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Trafik Internet Telkomsel Naik 12 Persen

Internet
Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Software
HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang 'Membosankan'

HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang "Membosankan"

Gadget
7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

7 HP Kamera Boba Mirip iPhone Lengkap dengan Harga dan Spesifikasinya

Gadget
Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Motorola Edge 50 Ultra dan 50 Fusion Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Gadget
Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

Apple Investasi Rp 255 Triliun di Vietnam, di Indonesia Hanya Rp 1,6 Triliun

e-Business
Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Ketika Sampah Antariksa NASA Jatuh ke Bumi Menimpa Atap Warga

Internet
CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

CEO Apple Bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto Bahas Kolaborasi

e-Business
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com