Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rincian Data di Server Kemenkes yang Diduga Bocor, Identitas Pasien hingga Hasil Radiologi

Kompas.com - 07/01/2022, 15:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di awal tahun 2022, kabar kebocoran data kembali mencuat. Kali ini, data enam juta pasien yang tersimpan di server Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diduga bocor dan dijual di forum online Raid Forums oleh seorang anggota dengan nama akun "Astarte".

Data tersebut diklaim memiliki ukuran file sebesar 720 GB dan berisi rekam medis pasien dari rumah sakit besar di seluruh Indonesia. Dari total data 720 GB itu, Astarte memberikan sampel data sebesar 3,26 GB yang bisa diunduh secara gratis.

Selain itu, Astarte juga memberikan tautan yang mengarah ke sebuah video demo. Video itu menampilkan isi data rekam medis dari jutaan pasien yang diduga berasa dari server pusat Kemenkes.

Baca juga: Data 6 Juta Pasien di Server Kemenkes Diduga Bocor dan Dijual di Internet

Namun, penjual tidak memberikan keterangan secara spesifik terkait harga jual dari data tersebut dalam unggahannya. Ia hanya menyebut bahwa pembelian data dapat dilakukan menggunakan mata uang kripto (BTC) atau Monero (XMR).

Adapun data rekam medis yang diduga dicuri dan dijual di forum online Raid Forums adalah sebagai berikut:

  • Data hasil pemeriksaan radiologi
  • Data foto dan identitas pasien pemeriksaan radiologi
  • Data hasil CT Scan
  • Data hasil tes Covid-19
  • Data hasil rontgen (X-ray)
  • Data nama pasien, asal rumah sakit, dan waktu pengambilan Rontgen
  • Data hasil pemeriksaan jantung

Baca juga: Data 1,3 Juta Pengguna Aplikasi E-HAC Diduga Bocor, Ini Penjelasan Kemenkes

Tanggapan Kemenkes dan Kominfo

Atas kejadian ini, Kemenkes serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan tanggapan. Jubir vaksinasi Covid-19 sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya sedang menelusuri dugaan kebocoran data.

"Sedang ditelusuri," kata Nadia melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Kamis (6/1/2022).

Semetara itu, juru bicara Kominfo, Dedy Permadi mengatakan, Menkominfo, Johnny G Plate telah meminta jajaran terkait untuk berkomunikasi dengan Kemenkes secara intensif dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dedy menambahkan bahwa Kemenkes juga tengah melakukan langkah-langkah internal terkait kasus dugaan kebocoran data enam juta pasien yang tersimpan di server Kemenkes.

Baca juga: Data 6 Juta Pasien di Server Kemenkes Diduga Bocor, Ini Kata Kominfo

"Kementerian Kesehatan juga tengah melakukan langkah-langkah internal merespons dugaan kebocoran yang terjadi, termasuk salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," kata Dedy dalam keterangan resmi.

Di sisi lain, Alfons Tanujaya, pengamat keamanan internet dari Vaksin.com menilai, kebocoran data rekam medis dapat menimbulkan kerugian bagi pasien. Alfons mengatakan jika data rekam medis bocor, pasien dengan penyakit kronis tertentu dapat terancam psikisnya.

Orang akan dengan mudah mengetahui riwayat penyakit yang diderita pasien tersebut, kemudian pasien tersebut bisa saja jadi dikucilkan hingga kehilangan pekerjaan. Selain itu, data identitas pasien dalam rekam medis yang turut bocor bisa menjadi sasaran eksploitasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com