Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Bisa Screenshot Panjang atau Satu Halaman Penuh, Begini Caranya

Kompas.com - 07/01/2022, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna biasanya menggunakan fitur tangkapan layar atau screenshot untuk menyimpan berbagai informasi penting yang tampil di layar ponsel secara cepat.

Bagi sebagian orang bisa jadi pernah melakukan screenshot berkali-kali, karena informasi yang dimuat terlalu panjang, misalnya seperti informasi pada sebuah blog, berita pada situs media, dan sebagainya.

Screenshot yang dilakukan secara berkali-kali tentunya cukup merepotkan. Selain membuat penyimpanannya kurang rapi juga memboroskan storage perangkat.

Bagi Anda pengguna iPhone mungkin juga masih kerap melakukan hal tersebut. Namun, sekarang Anda tidak perlu bersusah payah lagi. Apple memiliki fitur screenshot panjang atau satu halaman penuh di iPhone.

Fitur ini mempermudah pengguna untuk menangkap semua konten yang ditampilkan dalam satu screenshot.

Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Jadi dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu lagi untuk melakukan screenshot berkali-kali pada informasi panjang yang diperoleh dari sebuah halaman di internet. Anda bisa melakukan screenshot semua informasi yang ada di situs tertentu hanya dalam satu ketukan.

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah, berikut cara screenshot panjang di iPhone.

  • Buka halaman, chat WhatsApp, atau situs yang ingin Anda ambil screenshot di iPhone
  • Kemudian, mulai ambil screenshot seperti biasa pada iPhone Anda.
  • Untuk melakukan screenshot pada iPhone dengan seri Face ID, tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Untuk iPhone dengan seri home button atau Touch ID, Anda cukup menekan tombol home dan power secara bersamaan.
  • Kemudian, jika Anda mengaktifkan fitur Assistive Touch, Anda tinggal ambil screenshot melalui tombol virtual yang tersedia di fitur tersebut
  • Setelah selesai mengambil screenshot sesuai dengan model perangkat Apple Anda, biasanya akan muncul pratinjau dari hasil screenshot yang baru diambil.
  • Pratinjau ini biasanya bakal muncul di sisi kiri bagian bawah layar iPhone Anda.
  • Kemudian tekan pratinjau tersebut melihat hasil dari screenshot Anda.
  • Untuk menggunakan fitur screenshot satu halaman penuh, Anda bisa memilih opsi “Full Page” atau “Halaman Penuh” yang berada di mode pratinjau.
  • Apabila Anda memilih opsi tersebut, Anda dapat melihat screenshot yang bakal diambil di seluruh halaman tersebut dengan menggulir kursor persegi di sebelah kanan hasil tangkapan
  • Setelah itu, Anda bisa menyimpan screenshot satu halaman penuh itu dengan menekan opsi “Selesai” atau “Done”.

Ilustrasi cara screenshot satu halaman penuh di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara screenshot satu halaman penuh di iPhone

Sedikit informasi, hasil screenshot satu halaman penuh akan tersimpan dalam format PDF di aplikasi File iPhone.  Demikian cara screenshot panjang di iPhone, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Tethering WiFi iPhone dan Mengaktifkan Hotspot Pribadi yang Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com