Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fantastis, Gaji dan Tunjangan yang Diterima Bos Apple Tim Cook pada 2021

Kompas.com - 08/01/2022, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple baru-baru ini menerbitkan laporan keuangan tahunannya untuk 2021, yang juga telah dikirimkan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk kepentingan transparansi bisnis.

Di dalam laporan tersebut, perusahaan asal Cupertino, California, AS ini merinci sejumlah biaya yang mereka keluarkan sepanjang 2021. Nilainya cukup fantastis, apalagi jika dibandingkan gaji eksekutif di Indonesia.

Dalam rincian itu termasuk gaji yang dibayarkan kepada Chief Executive Officer (CEO) atau bos mereka, Tim Cook.

Baca juga: Tim Cook Akui Investasi di Uang Kripto

Berdasarkan dokumen tersebut, secara total, Cook mendapatkan gaji kurang lebih 98 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun dari Apple untuk kontribusinya pada 2021.

Gaji triliunan rupiah itu terdiri dari gaji pokok sebesar 3 juta dollar AS (sekitar Rp 43 miliar) dan benefit dari kepemilikan saham (stock awards) sebesar 82,3 juta dollar AS (sekitar Rp 1,1 triliun).

Jika dilihat dari angkanya, nilai stock awards yang didapat Tim Cook ini menjadi porsi terbesar dari keseluruhan gaji Tim Cook di 2021. Pada 2020 lalu, sebagian besar gaji Tim Cook juga berasal dari saham Apple.

Selain gaji pokok dan stock awards, Tim Cook juga menerima kompensasi berupa insentif non-ekuitas sebesar 10,7 juta dollar AS (sekitar Rp 153 miliar) dan kompensasi lainnya sebesar 1,38 juta dolar AS (sekitar Rp 19,8 miliar).

Adapun kompensasi lain-lain ini termasuk insentif liburan senilai 23.000 dollar AS (sekitar Rp 330 juta), keamanan sebesar 630.000 dollar AS (sekitar Rp 9 miliar), dan hingga biaya perjalanan sebesar 712.000 dollar AS (sekitar Rp 10,2 miliar).

Sebagai perbandingan, gaji yang diterima Cook pada tahun 2021 ini sedikit lebih besar dibanding 2020 lalu.

Baca juga: Informasi Gaji Karyawan Microsoft Tersebar di Internet

Kala itu, Cook menerima gaji sebesar 14,8 juta dollar AS (sekitar Rp 212 miliar), belum termasuk besaran stock awards yang didapatkan di tahun tersebut.

Sementara gaji yang diterima Cook di 2021 sendiri, apabila tidak memasukkan hitungan stock awards, adalah 15 juta dolar AS (sekitar Rp 215 miliar).

Nah, dengan total gaji yang didapatkan Cook tadi, sosok yang telah memimpin Apple selama kurang lebih satu dekade tersebut saat ini memiliki kekayaan senilai 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 21,5 triliun), apabila mengacu pada data yang dirilis Forbes

Adapun nilai kekayaan 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,3 triliun) berhasil dicapai Cook untuk pertama kalinya pada Agustus 2020 lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Berapa Gaji Rata-rata Karyawan Apple?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com