Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem

Kompas.com - 10/01/2022, 17:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda ingin menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem? Tenang, ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem.

Aplikasi smartphone ini dapat digunakan untuk memantau perkembangan diet Anda dari hari ke hari, salah satunya dengan fitur pengaturan pola makan. Anda bisa memantau dengan mudah makanan apa saja yang telah Anda konsumsi dalam satu hari melalui aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi smartphone ini juga bisa melacak kandungan kalori atau nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Jadi, Anda tidak perlu repot mengingat makanan apa yang Anda konsumsi dalam satu waktu. 

Aplikasi akan melakukan pemantauan dan pencatatan dari kandungan makanan Anda secara berkala. Sedikit informasi, diet memiliki dua pola, yakni diet ekstrem dan diet biasa. Diet esktrim membutuhkan perubahan gaya hidup secara total untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 3 Aplikasi untuk Repost Postingan Instagram

Diet ekstrem biasanya mengharuskan Anda untuk olahraga dengan keras, mengatur pola makan secara ketat, dan sebagainya. Sedangkan diet ringan atau biasa, hanya perlu mengatur pola makan dengan konsisten.

Aplikasi-aplikasi di bawah dapat membantu Anda menjalankan diet ringan sesuai kebutuhan Anda. Berikut KompasTekno rangkum aplikasi yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem.

1. Lose it!

Ilustrasi aplikasi Lose it!App Store Ilustrasi aplikasi Lose it!

Lose It! merupakan salah satu aplikasi untuk membantu menurunkan berat badan yang cukup popular. Aplikasi ini mampu menyediakan data tentang kandungan dari banyak jenis makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur perencanaan diet melalui aplikasi ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Scanner Gratis untuk Android dan iPhone

Dengan perencanaan diet, Anda dapat melihat jumlah kalori dan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan informasi jumlah kalori dari makanan Anda di Lose it!. Aplikasi ini juga bisa memuat statistik perubahan berat badan Anda. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

2. Lifesum

Ilustrasi aplikasi LifesumApp Store Ilustrasi aplikasi Lifesum
Selanjutnya, ada aplikasi Lifesum yang juga dapat membantu menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengatur cara diet yang tepat untuk Anda karena bisa disesuaikan dengan gaya hidup atau kebiasaan Anda.

Dengan fitur penyesuaian diet, Anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan tanpa harus merasa tersiksa. Di Lifesum, Anda juga akan memperoleh skor ketika berhasil mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, minum cukup air, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video Gratis untuk Android dan iOS

Semakin banyak skor yang Anda peroleh, bakal semakin bagus juga kemajuan dari rencana diet yang Anda buat di Lifesum. Aplikasi ini juga memiliki banyak kumpulan resep makanan sehat yang bisa Anda coba. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

3. Fatsecret

Ilustrasi aplikasi FatsecretApp Store Ilustrasi aplikasi Fatsecret
Fatsecret memiliki fitur yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa diet ekstrim. Aplikasi bisa dibuat untuk membuat catatan harian terkait makanan apa saja yang telah Anda konsumsi.

Fatsecret juga memiliki database informasi kandungan makanan yang cukup lengkap. Jadi, Anda bisa memeriksa kandungan kalori atau nutrisi dari makanan yang hendak dikonsumsi. Selain itu, aplikasi ini dapat memantau perkembangan diet Anda dari hari ke hari. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Baca juga: 6 Aplikasi Presentasi Alternatif Selain PowerPoint (PPT)

4. MyFitnessPal

Ilustrasi aplikasi MyfitnesspalApp Store Ilustrasi aplikasi Myfitnesspal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com