Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mafia Buronan 20 Tahun Tertangkap berkat Google Street View

Kompas.com - 11/01/2022, 13:34 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bos mafia asal Italia yang menjadi buronan selama 20 tahun, Gioacchino Gamino, ditangkap setelah terlihat di Google Street View.

Gamino adalah terpidana pelaku pembunuhan dan tercatat di antara gangster yang paling dicari di Italia. Gamino adalah salah satu anggota kelompok mafia di Sisilia, sebuah wilayah di bagian selatan Italia.

Gamino ditangkap di Galapagar, kota yang lokasinya dekat dengan Madrid, Spanyol.

Baca juga: Cara Menghapus Foto Rumah di Google Street View

Di sana, ia telah mengubah identitasnya. Gamino mengubah namanya menjadi Manuel dan bekerja sebagai koki serta memiliki toko buah dan sayuran.

Penangkapan ini berawal saat pihak kepolisian melihat dua orang yang tengah mengobrol di sebuah toko sayuran bernama El Huerto de Manu melalui Google Maps.

Seoran buronan yang melarikan diri selama 20 tahun tertangkap berkat Google Street View. Google Maps Seoran buronan yang melarikan diri selama 20 tahun tertangkap berkat Google Street View.
Meskipun wajah kedua pria tersebut tidak terlihat di Google Street View, kepolisian meyakini bahwa salah satu dari pria tersebut mirip dengan Gamino.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, polisi meyakini bahwa pria tersebut adalah Gamino. Ia dikenali dari bekas luka di wajahnya.

"Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami tempuh dengan cara tradisional," kata Nicola Altiero, Wakil Direktur Unit Polisi Anti-Mafia Italia, dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (11/1/2022).

Berdasarkan penuturan Altiero, saat ini Gamino ditahan di Spanyol dan akan dibawa kembali ke Italia pada akhir Februari mendatang.

Baca juga: Pengguna Android Bisa Unggah Foto dan Video ke Google Street View

Gamino sebenarnya ditangkap dan dijatuhi hukuman pada tahun 1998. Pada 2002, ia melarikan diri saat terjadi keributan di dalam penjara.

Dirangkum KompasTekno dari The Guardian, ini bukan pertamakalinya penangkapan buronan yang berawal internet.

Pada Maret 2021 lalu, pelaku penyelundupan kokain yang buron sejak 2014 ditangkap setelah muncul dalam video di YouTube.

Pelaku penyelundupan kokain tersebut dikenali dari tato di tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com