Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Aksi Panggung Steve Jobs Umumkan iPhone Pertama, 15 Tahun Lalu

Kompas.com - 11/01/2022, 15:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - 9 Januari 2007 menjadi waktu bersejarah bagi Apple. Kala itu, pendiri Apple, Steve Jobs untuk pertama kalinya memperkenalkan generasi pertama dari perangkat ponsel Apple, yang hingga saat ini dikenal sebagai iPhone.

Kini, saat fans Apple mulai bersiap menyambut lini iPhone 14, tak ada salahnya untuk menyimak bagaimana iPhone pertama dikenalkan oleh Steve Jobs.

Dengan pakaian ala "turtle neck" khasnya, Jobs menyampaikan "keynote" di ajang tahunan Macworld Expo yang digelar di San Francisco, California, AS.

Presentasi yang dibawakan Jobs dibuka dengan prestasi perangkat Macintosh yang dirilis pada tahun 1984 lalu.

Jobs mengklaim bahwa kehadiran perangkat komputer tersebut mampu mengubah industri global secara keseluruhan.

Baca juga: Perjalanan 15 Tahun iPhone, Evolusi Desain, Kamera, hingga Performa

Selanjutnya, Jobs turut memamerkan iPod generasi pertamanya. Perangkat yang diperkenalkan pada tahun 2001 ini, menurut Jobs, tidak hanya telah mengubah cara masyarakat dalam mendengarkan musik, melainkan juga memengaruhi industri musik secara keseluruhan.

Hingga tiba saatnya nama "iPhone" diumumkan, ruangan acara seketika diiringi oleh tepuk tangan dan sorakan yang meriah dari penonton.

Jobs kemudian memperlihatkan sebuah perangkat menyerupai iPod yang dilengkapi dengan sejumlah papan tombol unik. Pria berkacamata tersebut mengatakan bakal merancang kembali perangkat iPod "hybrid" tersebut.

Namun, Jobs tidak serta-merta mengungkap wujud serta fitur-fitur pada iPhone. Jobs justru berusaha menjelaskan tren ponsel pintar (smartphone) yang kala itu menjadi trend setter di industri teknologi.

Fitur yang dimiliki smartphone pada kala itu memang tidak banyak seperti yang dimiliki saat ini. Menurut Jobs, perangkat yang masuk ke dalam kategori "smartphone" mampu menjalankan aplikasi e-mail dan internet.

Meski sudah dilengkapi dengan fitur untuk berkomunikasi, namun Jobs menilai bahwa kebanyakan smartphone saat itu masih tergolong sulit untuk dioperasikan.

Dilatar-belakangi oleh masalah tersebut, Jobs mengaku ingin memperkenalkan iPhone sebagai perangkat yang mudah untuk dioperasikan, dan memiliki fitur layaknya smartphone kebanyakan.

Membawa teknologi touchscreen

Poster iPhone generasi pertama tahun 2007Apple Insider Poster iPhone generasi pertama tahun 2007

Untuk dapat meyakinkan para penonton, Jobs kemudian menunjukkan empat buah smartphone yang terdiri dari Moto Q, BlackBerry, Palm Treo, dan Nokia E62.

Jobs menjelaskan bahwa keempat smartphone tersebut memiliki satu masalah serupa yang terletak pada sektor papan tombol (keyboard).

Baca juga: Mengenang Steve Jobs lewat Pandangannya tentang Kehidupan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com