Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Marketplace Jual Beli NFT Lokal di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2022, 08:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Ghozali tengah ramai dibicarakan warganet Indonesia. Pasalnya, Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya sebagai NFT dengan harga yang fantastis.

NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Aset-aset dengan NFT akan tercatat dalam blockchain, semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya.

Ketika NFT sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi.

Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya dalam bentuk NFT di platform OpenSea.

OpenSea adalah marketplace global yang jadi tempat jual beli NFT. OpenSea didirikan pada 2017 di New York, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

Selain di OpenSea, Indonesia juga punya marketplace lokal yang jadi tempat jual beli NFT. Berikut ini adalah daftar marketplace NFT lokal Indonesia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kontan, Jumat (14/1/2022).

Paras.id

Mengutip situs resminya, Paras.id adalah marketplace yang menjual digital arts card atau karya seni digital yang dituangkan dalam bentuk kartu bergambar.

Marketplace NFT lokal ini menawarkan kepemilikan dan kelangkaan digital. Paras.id menggunakan uang kripto NEAR sebagai alat tukar antara pencipta NFT dengan kolektor.

Untuk membuat digital arts card atau aset NFT di Paras.id, pencipta kartu harus mengikuti format kartu digital pada umumnya yang diperdagangkan dalam bentuk NFT yakni dengan rasio 64:89.

Untuk melakukan pembelian, pembeli hanya perlu memilih kartu yang disukai dan membelinya dari kolektor lain yang tersedia di Paras.id.

Setelah membelinya, kartu tersebut benar-benar menjadi milik pembeli dan dapat disimpan atau dijual di masa mendatang.

Kolektibel

Kolektibel adalah marketplace NFT yang mengkurasi momen-momen unik dan langka mulai dari kategori olahraga, seni, budaya hingga lifestyle. Di marketplace NFT lokal ini, Anda bisa mendapatkan koleksi NFT terbaru dari kreator.

Kolektibel juga menyediakan secondary market, di mana sesama kolektor dapat membuat penawaran NFT yang dimiliki.

Kolektibel memungkinkan konsumen di Indonesia untuk melakukan pembayaran pada berbagai channel populer seperti kartu kredit/debit, transfer bank, e-wallet, hingga toko ritel seperti Indomaret atau Alfamart.

Baca juga: Aset NFT Wajib Dilaporkan di SPT Pajak, Apa Kata Investor?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com