Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar PCIe 6.0 untuk Komputer Diresmikan

Kompas.com - 14/01/2022, 10:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peripheral Component Interconnect Special Interest Group (PCI-SIG), organisasi non-profit yang bertanggung jawab menentukan spesifikasi port PCI, PCI-X serta PCI Express (PCIe), mengumumkan standar baru PCIe 6.0 versi final.

Untuk diketahui, PCIe adalah salah satu bagian motherboard komputer yang berperan sebagai port atau solusi interkoneksi, untuk menghubungkan antar-komponen tertentu di komputer.

Dirilis kurang dari tiga tahun setelah PCIe 5.0 dikenalkan, PCIe 6.0 diklaim bisa memberikan kecepatan data hingga 64 GT/s (Gigatransfer per detik) dan transfer rate 256 GB/s bandwidth dua arah pada slot x16 (128 GB/s dalam satu arah).

Baca juga: Melihat Sejarah Mouse Komputer, Berawal dari Kotak Kayu Beroda Besi

Kecepatan PCIe 6.0 ini dua kali lipat dibanding kecepatan standar PCIe 5.0 sebelumnya (32 GT/s), sesuai dengan pakem/tradisi selama ini, yang meningkatkan bandwidth dua kali lipat dalam tiga tahun.

Untuk mencapai kecepatan sembari menjaga efisiensi, PCI-SIG mengadopsi pensinyalan Pulse Amplitude Modulation 4 Level (PAM4), Forward Error Correction (FEC), hingga Cycling Redundancy Check (CRC), sehingga diklaim tidak memengaruhi latensi.

Menurut PCI-SIG, PCIe 6.0 menjadi solusi interkoneksi hemat biaya, khususnya bagi pasar data intens seperti pusat data, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), machine learning, High Performance Computing (HPC), otomotif, IoT dan militer/kedirgantaraan.

"Sekaligus melindungi investasi industri dengan mempertahankan kompatibilitas pada teknologi PCIe generasi sebelumnya," kata Al Yanes, Ketua dan Presiden PCI-SGI dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (14/1/2022).

Sesuai kutipan Yanes, konsumen ke depannya dapat menggunakan PCI 6.0 pada perangkat yang mendukung PCIe 5.0, alias backward compatible, sehingga memudahkan proses transisi maupun adopsi standar baru interkoneksi ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Windows 10 agar Komputer Lebih Cepat

Mengingat kompleksnya PCIe 6.0, adopsi standar interkoneksi ini pada tahap awal baru akan dipakai pada HPC serta pusat data (data center) saja, baru ke perangkat-perangkat yang lebih luas, seperti komputer pribadi.

Perangkat dengan standar PCIe 6.0 diperkirakan baru tersedia pada 12 hingga 18 bulan yang akan datang, mengingat SSD dengan PCIe 5.0 baru dikenalkan di ajang CES 2022 awal Januari ini.

Sementara penerapan PCIe 6.0 pada server kemungkinan dimulai pada 2023. Sedangkan bagi konsumen umum, perangkat interkoneksi generasi baru ini diperkirakan tersedia di pasaran pada 2024 atau 2025.

Untuk sementara, PCIe 5.0 sudah mencukupi kebutuhan saat ini. Contohnya, SSD Samsung terbaru dengan PCIe 5.0 mampu menangani kecepatan transfer 3.000 MBps, yang sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kasual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com