Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Siapkan "Jalan Tol" Tambahan untuk 5G Tahun Ini

Kompas.com - 18/01/2022, 09:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana menambah spektrum frekuensi untuk "jalan tol" 5G pada 2022 ini. Total tambahan spektrum frekuensi untuk 5G ditargetkan mencapai 1.000 MHz.

Tambahan frekuensi untuk jaringan internet generasi kelima (5G) ini diharapkan dapat mempercepat pemerataan 5G di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan penambahan frekuensi tersebut akan dilakukan di pita frekuensi 26 GHz.

"Saat ini, Kementerian Kominfo berencana akan melakukan farming di pita frekuensi 26 GHz karena pita ini sedang tersedia dan tidak ada pengguna existing di dalamnya," kata Dedy melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Baca juga: Kominfo Buka-bukaan soal Rencana dan Target 5G pada 2022

Frekuensi 26 GHz tersebut merupakan salah satu dari tiga layer "jalan tol" yang disiapkan pemerintah untuk mengoptimalkan jaringan 5G di Tanah Air.

Ada pun tiga layer "jalan tol" 5G yang disiapkan pemerintah meliputi Super Data Layer (high band) di spektrum 26/28 GHz, Capacity Layer (middle band) di frekuensi 2.3/2.6/3.3/3.5 GHz, dan Coverage Layer (low band) di 700 MHz.

Menkominfo Johnny G. Plate sempat mengatakan bahwa spektrum frekuensi radio itu dapat dianalogikan sebagai oksigen dalam implementasi 5G di Tanah Air.

"Jadi, tambahan spektrum frekuensi tersebut akan mempercepat pemerataan jaringan 5G di Indonesia," kata Johnny, dikutip KompasTekno dari laman resmi Kominfo, Senin (17/1/2022).

Rencana penambahan dan penataan ulang (refarming) frekuensi radio ini juga sudah dimasukkan ke dalam rencana strategis Kementerian Kominfo untuk tahun 2020-2024.

Rencana tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo Nomor 2 Tahun 2021 yang diteken pada Februari lalu.

Hingga tahun 2024, Kominfo menargetkan total sebesar 1.310 MHz spektrum frekuensi yang disiapkan untuk "jalan tol" jaringan 5G.

Baca juga: 15 Negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia

Farming 26 GHz untuk 5G menunggu kesiapan perangkat

Ilustrasi 5GIstimewa Ilustrasi 5G
Kendati demikian, Dedy belum banyak berkomentar terkait jadwal farming "jalan tol" jaringan 5G di pita frekuensi 26 GHz tersebut. 

Dedy hanya mengatakan bahwa jadwal farming pita 26 GHz akan menyesuaikan kematangan dukungan ekosistem perangkat dan kesiapan dukungan infrastruktur.

"Pasalnya, kesiapan dan kesesuaian perangkat yang dapat digunakan dalam frekuensi tersebut masih menjadi tantangan," kata Dedy.

Ia menambahkan, tantangan yang dimaksud, misalnya, pemanfaatan pita 26 GHz ini memiliki kapasitas transmisi yang cukup besar, sehingga membutuhkan dukungan infrastruktur aktif jaringan fiber optic yang memadai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com