Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Bakal Lebih Mahal dari iPhone 13?

Kompas.com - 18/01/2022, 12:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peluncuran iPhone 2022 yang konon akan diberi nama iPhone 14, kemungkinan masih beberapa bulan mendatang. Namun bocoran harganya sudah beredar di internet.

Menurut bocoran terbaru, iPhone 14 bakal dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding deretan iPhone 13. Rumor itu dihembuskan oleh pembocor ulung di Twitter dengan handle @LeaksApplePro.

Menurut dia, peningkatan harga signifikan bakal diterapkan di model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Kedua model iPhone 14 tersebut disinyalir bakal dijual dengan harga termurah 1.099 dolar AS (sekitar Rp 15,7 juta) dan 1.199 dolar AS (sekitar Rp 17,1 juta).

Baca juga: iPhone 13 Belum Dirilis, Bocoran iPhone 14 Sudah Bikin Heboh

Apabila rumor ini akurat, maka harga kedua ponsel tersebut bakal lebih mahal 100 dolar AS (sekitar Rp 1,4 juta) dibanding banderol iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max.

Pada saat peluncurannya, kedua ponsel tersebut dijual dengan harga termurah 999 dolar AS (sekitar Rp 14,3 juta) dan 1.099 dolar AS (sekitar Rp 15,7 juta). 

Sementara itu, dua model lainnya, yaitu iPhone 14 "reguler" dan "pengganti" iPhone 13 Mini, yaitu iPhone 14 Max, disebut bakal dijual dengan harga termurah 799 dolar AS (sekitar Rp 11,4 juta) dan 899 dolar AS (sekitar Rp 12,8 juta), sama seperti pendahulunya (kecuali iPhone 14 Max).

Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.FrontPageTech Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.

Menurut @LeaksApplePro, Apple menetapkan harga yang lebih mahal untuk jajaran iPhone 14, terutama model "Pro" dan "Pro Max" lantaran biaya produksi yang meningkat.

Baca juga: Beli iPhone 13 Sekarang atau Tunggu iPhone 14?

Selain itu, mereka juga konon ingin membuat selisih harga model reguler dengan Pro lebih besar, mengingat banyak peningkatan fitur dan desain yang biasanya disematkan ke model Pro dan Pro Max.

Salah satunya adalah adalah desain kamera punch hole menyerupai kapsul. Lubang ini kabarnya akan memuat kamera selfie dan beragam sensor untuk fitur Face ID, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Layar iPhone 14 Pro Bakal Punya Dua Lubang Kamera?

Adapun selisih harga model reguler dan Pro untuk iPhone 14, jika kabar tadi akurat, bakal berkisar di angka 300 dolar AS (sekitar Rp 4,2 juta). Pada saat era iPhone 13, model reguler dan Pro "hanya" memiliki selisih harga 200 dolar AS (sekitar Rp 2,8 juta).

Perlu dicatat, harga iPhone 14 ini masih sebatas rumor. Terlebih, kisaran harga ini disebut @LeaksApplePro tengah "dipertimbangkan" oleh pihak Apple, sehingga tak menutup kemungkinan harganya bisa berbeda dengan harga peluncurannya nanti.

Appple belum menginformasikan kapan lini iPhone 14 akan diluncurkan. Jika menilik generasi sebelumnya, biasanya acara peluncuran lini terbaru iPhone akan diadakan mendekati akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com