Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Scan QR Code PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet

Kompas.com - 18/01/2022, 14:16 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan fitur baru untuk aplikasi PeduliLindungi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna melakukan scan QR Code untuk check-in tanpa perlu koneksi internet.

Sebelumnya, memindai kode QR untuk check-in ke ruang publik menggunakan aplikasi PeduliLindungi mengharuskan ponsel terhubung dengan internet.

Fitur untuk scan QR Code tanpa internet ini sangat berguna ketika pengguna akan melakukan check-in ke ruang publik tetapi kondisi sinyal internet di lokasi tersebut buruk.

Fitur offline check-in aplikasi PeduliLindungi ini tidak memiliki tombol atau opsi khusus untuk mengaktifkannya. Caranya pun sama seperti check-in biasa, namun, tidak memerlukan kuota atau internet.

Baca juga: Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster di PeduliLindungi

Pengguna hanya perlu memperbarui versi aplikasi PeduliLindungi di toko aplikasi masing-masing ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS.

Cara memperbarui aplikasi peduli lindungi bisa ditempuh dengan membuka toko aplikasi yang ada di ponsel Anda, Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Fitur check-in offline ini telah ditambahkan pada aplikasi PeduliLindungi versi 4.0.8.

Cara check-in offline aplikasi PeduliLindungi tidak memiliki perbedaan tahap dengan cara check-in yang telah umum dilakukan saat ini. Namun, bakal ada notifikasi muncul yang menandakan bahwa Anda sedang dalam kondisi offline.

Cara menggunakan fitur Offline Check-in di aplikasi PeduliLindungi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menggunakan fitur Offline Check-in di aplikasi PeduliLindungi.
Selengkapnya, simak cara check-in offline aplikasi PeduliLindungi berikut ini:

  • Coba aktifkan airplane mode di ponsel Anda dengan mengetuk ikon pesawat yang berada di pusat pengaturan cepat untuk mematikan koneksi seluler dan paket data internet Anda
  • Buka aplikasi PeduliLindungi yang ada di ponsel Anda, pastikan bahwa Anda telah login dengan menggunakan akun yang telah terdaftar
  • Klik opsi “Scan Code QR” yang berada di halaman awal aplikasi
     
  • Setelah kamera terbuka, arahkan ke kode QR yang biasanya terpasang di tempat umum, seperti mall, taman, perpustakaan, dan sebagainya.
  • Setelah selesai memindai, klik opsi “Check-in”
  • Tunggu proses chek-in selesai dan berhasil, setelah itu bakal muncul notifkasi tambahan “Perangkat Anda tidak terkoneksi ke dalam jaringan” yang berada di bawah status check-in
  • Selain itu, ada keterangan tambahan yang menyebut bahwa hasil check-in offline itu diperoleh berdasar informasi vaksinasi terbaru milik Anda di aplikasi PeduliLindungi.

Demikian cara check-in offline aplikasi PeduliLindungi, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com