Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Earphone yang Benar agar Tidak Mudah Rusak

Kompas.com - 18/01/2022, 14:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perangkat penyuara telinga alias earphone menjadi salah satu aksesori gadget yang cukup populer. Earphone berfungsi untuk mendengarkan output audio dari perangkat smartphone, laptop, ataupun PC.

Pengguna biasanya memasang sepasang earphone saat menerima panggilan telepon atau video call. Terkadang, mereka juga menggunakannya untuk sekadar mendengarkan musik atau menonton video maupun film di ponsel atau PC.

Penggunaan earphone yang cukup sering tentu akan mengurangi kualitasnya seiring waktu. Bahkan, earphone bisa cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Kerusakan yang umum terjadi adalah kualitas audio yang menurun atau kabel earphone yang mengelupas. Kasus terakhir biasanya terjadi di earphone yang masih menggunakan kabel.

Baca juga: Inspirasi Star Wars di Balik Earphone Ikonik Apple

Hal itu bisa terjadi karena earphone sering diletakkan sembarang, tidak mencabutnya dari lubang jack, atau sama sekali tidak pernah membersihkannya.

Ada beberapa cara merawat earphone dengan benar agar tidak mudah rusak. Merawat earphone bisa membuat kualitas output audio tetap baik dalam waktu yang lebih lama dan meminimalisasi kerusakan fisiknya.

Berikut ini KompasTekno akan merangkum cara merawat earphone dengan benar agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Earphone TWS yang Kotor

1. Simpan di casing khusus earphone setelah digunakan

Cara merawat earphone dengan benar yang pertama adalah menyimpannya dengan baik. cara ini bisa dilakukan untuk earphone berkabel yang seringnya tidak dilengkapi dengan casing bawaan, sebagaiman earphone nirkabel.

Setelah menggunakan earphone, segera gulung kabel earphone dengan baik dan masukkan ke casing khusus earphone yang biasanya berbentuk seperti dompet kecil. Casing ini bisa dibeli di e-commerce dengan harga bervariasi.

Earphone yang tersimpan rapi akan menghindari kabel terurai dan menyebabkannya mudah putus atau rusak.

2. Cabut earphone setelah digunakan

Selain menyimpan dengan baik, cara merawat earphone dengan benar juga bisa dilakukan dengan rajin mencabutnya dari lubang jack setelah digunakan.

Namun, jangan mencabut konektor dengan kasar atau asal-asalan. Mencabut konektor dengan kasar bisa merusak earphone, seperti kabel yang putus. Sebaiknya hal tersebut dihindari dan cabut konektor earphone dari lubang jack dengan baik.

Ilustrasi cotton bud, pembersih telinga, penemuan cotton budShutterstock Ilustrasi cotton bud, pembersih telinga, penemuan cotton bud

3. Bersihkan lubang telinga earphone

Jangan lupa untuk rutin membersihkan lubang telinga earphone menggunakan cotton bud. Earphone yang sering Anda gunakan tentu akan menyimpan kotoran, debu, atau bahkan sel kulit mati yang menempel di earphone.

Selain membuat earphone lebih nyaman digunakan, membersihkannya secara rutin digunakan namun juga menghindarkan kita dari berbagai bakteri dan kuman yang menempel di earphone.

4. Jangan memutar volume terlalu keras

Cara merawat earphone selanjutnya adalah dengan menjaga kualitas output audio. Caranya, usahakan tidak memutar volume terlalu keras saat menggunakan earphone.

Volume earphone yang terlalu keras akan merusak pengeras suara earphone Anda. Selain itu volume terlalu keras juga akan merusak pendengaran Anda.

Baca juga: Earphone dengan “Google Assistant” Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

5. Jangan menggunakan earphone saat tidur

Terbiasa mendengarkan lagu melalui earphone hingga terlelap tidur? Sebaiknya Anda menghilangkan kebiasaan ini.

Saat Anda terlelap tidur dengan kabel earphone yang masih terpasang hal tersebut berpotensi kabel akan tertindih, atau terlilit sehingga membuat kabel earphone mudah rusak.

Itulah beberapa cara merawat earphone agar tidak mudah rusak. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com