Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Tersembunyi Muncul di Google Hari Ini ketika Ketik "Wordle"

Kompas.com - 24/01/2022, 08:43 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - "Wordle" menjadi game tebak kata bahasa Inggris yang tengah digandrungi netizen, karena permainannya yang sederhana namun menantang otak.

Tak sedikit netizen yang membagikan kesan, keluh kesah, hingga keberhasilannya saat memainkan Wordle ke internet, seperti Twitter, misalnya.

Tak hanya netizen, raksasa internet Google juga terobsesi dengan game tebak kata berbasis situs web yang dikembangkan oleh mantan pegawai Reddit, Josh Wardle ini.

Pasalnya, Google baru-baru ini diketahui telah menambahkan "Wordle" sebagai easter egg baru di mesin pencariannya.

Baca juga: Tips Main Wordle, Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Easter egg sendiri merujuk pada fitur atau pesan tersembunyi yang disertakan dan disembunyikan oleh Google di mesin pencarian bikinannya, Google Search.

Pengguna bisa melihat easter Egg "Wordle" saat mengetik kata "Wordle" di OmniBox (kolom address bar di Google). Apa yang bakal terjadi bila mengetik "Wordle" di Google?

Pengguna bakal melihat logo Google yang biasanya berwarna-warni berubah menjadi sebuah animasi tebak kata dengan referensi game Wordle.

Bedanya, easter egg Google menggunakan format satu kata yang terdiri dari 6 huruf. Sementara Wordle sendiri mengharuskan pemain menebak satu kata bahasa Inggris yang seluruhnya hanya terdiri dari 5 huruf.

Ketika kata "Wordle" di ketik di OmniBox, pengguna akan melihat kata "column" yang tertulis di dalam enam kotak. Bagaikan percobaan pertama di game Wordle, kata "column" menghasilkan warna kotak hijau pada huruf "O", kuning pada huruf "L", serta abu-abu pada sisa hurufnya.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Google Search

Seperti petunjuk kotak di permainan Wordle, kotak berwarna hijau pada huruf "O" berarti huruf yang dimasukkan ada pada kata dan berada di tempat yang benar.

Sementara kotak kuning pada huruf "L" menandakan bahwa huruf itu ada di kata tapi berada di tempat yang salah.

Sedangkan, warna kotak abu-abu pada huruf "C, U, M, N" menandakan bahwa huruf itu tidak ada pada kata yang harus ditebak.

Seharusnya, mengacu pada game Wordle, enam kotak itu seluruhnya harus berwarna hijau untuk menemukan kata yang tepat.

Di percobaan kedua, easter egg Google itu mencoba memasukkan kata yang terdiri dari 6 huruf lainnya, yaitu "goalie". Namun masih kurang tepat, karena kotak hijau hanya terlihat pada huruf "G, O, E", serta kotak kuning pada huruf "L".

Di percobaan ketiga, dimasukkan kata "Google", hasilnya semua kotak berubah warna menjadi hijau, manandakan bahwa "Google" adalah kata yang tepat.

Baca juga: Mengenal Wordle, Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Halaman:
Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com