Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone Segera Hadir

Kompas.com - 24/01/2022, 15:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Setelah merilis fitur transfer chat history (obrolan) dari iPhone (iOS) ke Android WhatsApp giliran menyiapkan fitur sebaliknya. Aplikasi pesan instan itu dikabarkan sedang menguji coba fitur transfer riwayat chat dari perangkat Android ke iOS.

Seperti diketahui, sebelumnya, pengguna iPhone atau Android mesti mengandalkan aplikasi pihak ketiga lalu menghubungkan iPhone dan ponsel Android ke PC yang sama, untuk memindahkan riwayat chat, termasuk teks, foto, video, dan lainnya.

Kabar kehadiran fitur ini terendus dari serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.22.2.74 yang ditemukan WABetaInfo, sebuah situs yang kerap memberi bocoran fitur-fitur anyar WhatsApp dengan akurat sebelum resmi diluncurkan.

Kehadiran fitur ini diklaim dapat membantu memudahkan pengguna Android yang ingin beralih menggunakan perangkat iPhone.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone Hadir di Android 12

Sebelum dapat mulai melakukan proses transfer, WhatsApp akan mengajukan persetujuan tindakan untuk mengakses riwayat obrolan pengguna.

Berdasarkan unggahan foto dari WABetaInfo, fitur transfer obrolan ini nampaknya hanya bisa dilakukan pada saat set-up awal, ketika iPhone hendak digunakan untuk pertama kalinya.

 

WhatsApp uji coba fitur transfer riwayat (history) obrolan dari perangkat Android ke iOS.WABetaInfo WhatsApp uji coba fitur transfer riwayat (history) obrolan dari perangkat Android ke iOS.

Dengan kata lain, proses transfer data dari Android ke iOS hanya bisa dilakukan pada tahap awal penggunaan iPhone saja dan tidak akan muncul di tengah penggunaan WhatsApp di perangkat iPhone di kemudian hari.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone

Artinya, apabila di awal set-up pengguna memilik "menolak" migrasi chat, maka kesempatan transfer chat WahtsApp dari Android ke iPhone tidak akan didapatkan lagi.

Fitur transfer antar perangkat ini juga masih membutuhkan aplikasi pihak ketiga bernama Move to iOS.

Cara kerja fitur ini nampak serupa dengan fitur transfer chat yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat Samsung dengan OS Android 10 ke atas.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Bedanya, Samsung mengandalkan aplikasi Smart Switch sebagai perantara untuk menghubungkan iPhone dengan Android Samsung. Selain lewat perantara aplikasi pihak ketiga, pemindahan riwayat chat juga membutuhkan bantuan kabel USB-C to lightning (atau adaptor yang setara) untuk menghubungkan kedua perangkat.

Sebab, chat history diklaim langsung ditransfer antar perangkat, tidak melewati server WhatsApp. Nah, belum diketahui, apakah transfer chat history dari Android ke iPhone, nantinya juga akan membutuhkan kabel USB-C to lightning atau tidak.

Sebelumnya, WhatsApp juga pernah memberikan dukungan transfer chat dari perangkat berbasis iPhone ke smartphone Google Pixel, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Minggu (23/1/2022).

Saat ini fitur transfer riwayat obrolan dari perangkat Android ke iOS sedang memasuki tahap pengujian. Masih belum diketahui secara pasti kapan fitur ini akan digelontorkan atau pada versi iOS mana fitur transfer ini akan kompatibel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com