Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard Gaming Logitech G413 SE dan G413 TKL Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 26/01/2022, 13:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Logitech meluncurkan dua keyboard gaming mekanik baru di pasar Indonesia, Logitech G413 SE dan G413 TKL (Tenkeyless) SE.

Di antara keduanya, Logitech G413 SE hadir sebagai keyboard full-size yang dilengkapi dengan 10 tombol numpad.

Sementara Logitech G413 TKL menawarkan desain yang lebih ringkas sehingga dapat menyediakan ruang yang lebih luas untuk mobilitas mouse.

Vice President and General Manager Logitech Gaming, Ujesh Desai mengatakan bahwa keyboard G413 SE dan G413 TKL mampu menunjang kebutuhan gaming pengguna.

“Kami menghabiskan banyak waktu dengan cermat dalam merancang keyboard gaming yang menghadirkan kinerja dengan rangkaian fitur yang tepat,” ucap Ujesh dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Keyboard Error di Laptop Windows

Secara keseluruhan, kedua laptop ini dibalut dengan casing aluminium-magnesium berwarna hitam. Logitech juga merancang G413 SE dan G413 TKL dengan keycaps berbahan plastik jenis Polybutylene Terephthalate (PBT).

Dengan material tersebut, kedua keyboard ini dikatakan memiliki daya tahan yang cukup kuat, tidak akan aus dan menguning meski terpapar panas.

Kedua keyboard ini sama-sama dilengkapi dengan tactile mechanical switches yang diklaim mampu memberikan kesan memantul saat tombol ditekan.

Baik G413 SE dan G413 TKL turut disertai dengan fitur Anti-Ghosting yang memungkinkan sejumlah tombol untuk bisa ditekan secara bersamaan.

Baca juga: Mengapa Susunan Keyboard QWERTY? Ini Sejarahnya

Terdapat 12 tombol fungsi (FN) yang dapat memberikan akses pengguna untuk melakukan serangkaian perintah seperti mengontrol volume, play dan pause, mute, menyalakan lampu, serta masih banyak lagi.

Untuk membuat penampilannya makin menarik, keyboard gaming ini juga dibekali lampu pencahayaan LED berwarna putih.

Dari segi software, keduanya bisa dipasang pada perangkat PC dan laptop dengan sistem operasi minimum Windows 10 dan macOS X 10.14.

Keyboard G413 SE dan G413 TKL tersedia di Indonesia mulai Februari 2022. Untuk harga, keyboard Logitech G413 SE dibanderol harga Rp 999.000, sedangkan Logitech G413 TKL  dibanderol harga Rp 879.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com