Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Keyboard Laptop Tidak Berfungsi?

Kompas.com - 26/01/2022, 14:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persoalan keyboard atau papan ketik di laptop tiba-tiba tidak berfungsi kerap terjadi. Bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, mungkin juga pernah mengalami permasalahan tersebut.

Jika, Anda sedang mengalami persoalan keyboard laptop tidak berfungsi, Anda perlu mengetahui penyebabnya dulu. Ada berbagai macam kemungkinan yang jadi penyebab masalah keyboard laptop tidak berfungsi.

Keyboard laptop tidak berfungsi bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak atau perangkat keras. Dengan mengetahui penyebab masalah itu, Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikan persoalan keyboard laptop tidak berfungsi.

Selengkapnya, simak penyebab mengapa keyboard laptop Windows 10 tidak berfungsi berikut ini:

Driver keyboard hilang atau sudah usang

Penyebab keyboard laptop Windows 10 tidak berfungsi yang pertama adalah kemungkinan driver dari keyboard hilang atau sudah usang. Driver ini berfungsi untuk menyambungkan perangkat keyboard ke sistem operasi agar bisa digunakan.

Apabila driver itu hilang atau sudah usang, sistem operasi bakal tidak merespon perintah yang dikeluarkan oleh keyboard sehingga tidak bisa menampilkan hasil pengetikan.

Apabila driver keyboard laptop hilang, Anda bisa menginstal dan mengunduhnya lewat laman resmi dukungan layanan dari merek laptop Anda. Apabila driver keyboard laptop Windows 10 sudah usang maka perlu diperbarui.

Cara untuk meng-update driver keyboard di Windows 10 sebagai berikut:

  1. Klik kanan logo Windows di taksbar, kemudian pilih menu "Control Panel"
  2. Pilih opsi "Hardware and Sound" dan klik "Device Manager"
  3. Pilih opsi yang bertajuk "Keyboard" lalu klik kanan dan pilih "Update Driver"

Bug fitur Filter Keys Windows 10

Penyebab lain keyboard laptop tidak berfungsi, ada di bug atau gangguan dari fungsi fitur Filter Keys di Windows 10. Fitur ini sebenarnya berfungsi untuk menyaring pengulangan pengetikan huruf atau angka dari keyboard.

Fitur ini biasanya berguna untuk mengetik password saat login ke laptop agar tidak ada kesalahan pengetikan seperti pengetikan berulang pada salah satu dari kombinasi password.

Sebagaimana dikutip dari blog pengulas gadget Softwarekeep, disebutkan bahwa fitur ini kerap menimbulkan gangguan pada keyboard sehingga tidak bisa berfungsi selayaknya.

Anda bisa mematikan fitur ini dengan mengakses opsi "Ease of Access" yang berada di dalam menu "Control Panel". Kemudian, klik opsi "change how your keyboard works" lalu hapus centang pada opsi "Turn on Filter Keys".

Bug update Windows 10

Windows 10 secara rutin memang kerap memberikan pembaruan sistem operasi. Dalam pembaruan ini, biasanya terdapat beberapa bug yang mungkin bakal menghilangkan driver dari perangkat keras.

Itu membuat beberapa perangkat keras di laptop seperti keyboard, jadi tidak berfungsi. Untuk mengembalikan driver keyboard yang hilang, bisa dilakukan dengan cara yang sudah disebutkan di atas.

Baterai keyboard dalam kondisi daya lemah

Kemudian, Apabila Anda menggunakan keyboard nirkabel bluetooth, bisa jadi ketika kondisi dayanya lemah bakal mempengaruhi sensitivitas dari pengetikan di tombolnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com