Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Disebut Pakai Kamera Periskop

Kompas.com - 27/01/2022, 10:04 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple tengah bersiap merilis lini iPhone 14, sebagai generasi penerus iPhone 13 Series. Namun sebelum iPhone 14 meluncur, bocoran tentang iPhone 15 sudah beredar.

Analis Jeff Pu mengatakan Apple kini tengah menguji purwarupa (prototype) dan sampel komponen lensa periskop yang menawarkan zoom optik 5x, yang kemungkinan besar akan dipasang di iPhone 15.

Mekanisme periskop sendiri memiliki konsep untuk menyusun lensa secara menyamping atau horizontal, supaya tidak menonjol ke luar bodi belakangan ponsel.

Baca juga: Layar iPhone 13 Tiba-tiba Berubah Pink

Keputusan final apakah Apple akan menggunakan teknologi ini di iPhone berikutnya akan diambil pada Mei 2022. Sementara iPhone 15 Pro sendiri kemungkinan diluncurkan pada 2023 mendatang.

Setelah keputusan diambil, Apple akan menggunakan komponen tersebut pada model tertinggi iPhone 15 series, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Jeff Pu mengatakan, lensa telefoto tersebut kemungkinan dipasok oleh Lante Optics, atau vendor lain yang terpilih oleh Apple. Mereka harus bisa menyiapkan lebih dari 100 juta unit modul lensa untuk memenuhi permintaan Apple.

Sudah hadir di Android

Kamera periskop pada ponsel, sebenarnya bukan hal baru, khususnya bagi ponsel Android. Namun sejauh ini, dukungan kamera periskop hanya digunakan pada ponsel kelas atas.

Samsung dan Huawei misalnya, menggunakan kamera periskop pada ponsel flagship perusahaan, yang memungkinkan ponsel melakukan zoom optik hingga 10x dan kombinasi zoom hingga 100x.

Baca juga: iPhone Berikutnya Pakai Lensa Periskop Samsung?

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (27/1/2022), kamera periskop memungkinkan vendor untuk menempatkan lensa telefoto yang lebih panjang secara horizontal, sehingga tetap muat di ponsel yang didesain punya bodi ramping.

Selain Jeff Pu, bocoran yang sama juga pernah diungkap oleh analis Ming-Chi Kuo, yang mengatakan bahwa Apple berencana untuk memakai kamera periskop pada "iPhone 2H23".

Penambahan komponen ini menurut Kuo akan membantu meningkatkan pangsa pasar, pendapatan, hingga laba Apple ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com