Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Chromebook untuk Gaming Segera Hadir?

Kompas.com - 31/01/2022, 17:05 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Sama seperti laptop Windows atau MacOS, perangkat Chromebook juga biasa dipakai sebagai komputer portabel untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Meski demikian, perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) ChromeOS tersebut hingga saat ini belum ada yang menyasar segmen pengguna gaming, tidak seperti beragam laptop gaming berbasis Windows yang kini sudah menjejali pasar.

Namun, sebuah laporan yang dirilis 9to5Google belum lama ini mengeklaim bahwa ada sejumlah Chromebook yang ditujukan khusus untuk segmen gaming yang tengah disiapkan beberapa vendor PC.

Laporan itu menyebut bahwa ada tiga Chromebook gaming yang tengah disiapkan beberapa vendor PC, yang masing-masing memiliki kode nama "Vell", "Taniks", dan "Ripple".

Baca juga: Microsoft Disebut Siapkan Windows 11 SE untuk Saingi Chromebook

Belum diketahui seperti apa spesifikasi laptop Chromebook gaming ini, namun laporan menyebut laptop itu akan mengusung papan ketik (keyboard) ikonik RGB yang bisa menyala, yang biasa ditemui di berbagai laptop gaming.

Dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Senin (31/1/2022), Vell konon merupakan perangkat bikinan produsen laptop Hewlett Packard (HP) yang bakal mengisi seri gaming Omen.

Lalu, Taniks disebut merupakan Chromebook yang diklaim bakal hadir dari vendor PC Lenovo, untuk melengkapi jajaran produk gaming lini Legion.

Sementara itu, Ripple disinyalir merupakan sebuah tablet gaming dengan keyboard RGB yang bisa dilepas pasang, mirip dengan Asus ROG Flow Z13. Tidak disebutkan siapa yang bakal membuat produk ini.

Karena masih berupa rumor, belum bisa dipastikan apakah tiga produk Chromebook gaming ini bakal dirilis di pasaran atau tidak. Yang jelas, kehadiran rumor ini agaknya semakin memperkuat ambisi Google untuk fokus di segmen gaming melalui ChromeOS.

Baca juga: Apa Itu Chromebook dan Bedanya dengan Laptop Biasa?

Sebelumnya, sekitar dua tahun lalu, Google sendiri sempat  mengumbar bahwa mereka bakal menghadirkan dukungan aplikasi distribusi game populer Steam ke perangkat ChromeOS. Namun, informasi seputar fitur tersebut hingga saat ini masih belum jelas.

Terlepas dari Google, Nvidia dan Mediatek juga tahun lalu sempat mengatakan bahwa mereka bakal menghadirkan dukungan kartu pengolah grafis (GPU) dari lini RTX, demi memberikan pengalaman visual mumpuni macam ray-tracing dan DLSS di perangkat Chromebook berbasis ARM.

Dengan kabar terbaru ini, tak menutup kemungkinan bahwa upaya Google, Nvidia, dan Mediatek ini bakal diwujudkan melalui tiga model Chromebook gaming yang menyeruak di internet tadi. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com