Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Update Windows Terpasang Sepenuhnya?

Kompas.com - 03/02/2022, 15:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, seringkali mendapati laptop miliknya tengah melakukan update.

Update ini tentu dilakukan agar Windows tetap dalam kondisi yang paling mutakhir. Update tersebut biasanya membawa sejumlah peningkatan, seperti fitur baru hingga menambal celah keamanan atau bug.

Namun, tahukah Anda berapa lama proses update yang ideal agar pembaruan dapat terinstal secara sempurna di perangkat?

Belakangan diketahui bahwa dibutuhkan waktu setidaknya delapan jam agar update Windows benar-benar sukses terpasang di komputer pengguna.

Bila tidak, pengguna kemungkinan bakal menemui masalah seperti status pembaruan PC yang tidak mutakhir, meski sudah memasang update terbaru.

Hal ini diungkapkan langsung David Guyer, Program Manager for Windows Updates in Endpoint Manager.

Baca juga: Microsoft Klaim Adopsi Windows 11 Lebih Cepat dari Windows 10

Dalam sebuah unggahan di situs web Komunitas Teknologi Microsoft, Guyer mengungkapkan bahwa perangkat Windows yang sedang memasang pembaruan memerlukan dua periode waktu dengan total delapan jam.

Pada masing-masing periode waktu, komputer pengguna harus secara terus-menerus menyala dan terhubung ke internet.

"Kami menyebut pengukuran ini sebagai Konektivitas Pembaruan (Update Connectivity), yaitu waktu (dalam jam) saat perangkat dihidupkan dan juga terhubung ke layanan Microsoft seperti Windows Update," tulis Guyer.

Periode waktu pertama mencakup waktu dua jam, lalu diikuti periode waktu kedua berdurasi enam jam setelah pembaruan dirilis. Jadi, bila ditotal, setidaknya komputer harus terhubung ke internet selama 8 jam agar update Windows sukses terpasang.

"Ini memungkinkan download pembaruan berhasil, dan pemasangan di background yang dapat dilanjutkan setelah perangkat aktif dan terhubung internet," tulis Guyer.

ilustrasi Windows Hellocomputerworld.com ilustrasi Windows Hello
Sehingga, jika ada perangkat laptop Windows sudah di-update tetapi masih memunculkan pemberitahuan bahwa ada pembaruan yang perlu di-instal, kemungkinan perangkat tersebut belum memenuhi waktu yang dibutuhkan yakni minimum delapan jam seperti yang disebutkan Guyer tadi.

Baca juga: Bisnis Microsoft Moncer berkat Office, Windows, dan Xbox

Dalam hal ini, Microsoft mendorong agar pengguna untuk membiarkan perangkat Windows menyala dan terhubung ke internet lebih lama saat melakukan update, atau justru membiarkannya semalaman, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sea PCMag, Kamis (3/2/2022).

Unggahan yang ditulis Guyer ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna bisnis. Namun, pengguna Windows personal juga tak ada salahnya mengikuti saran Guyer agar update Windows di komputernyata terpasang dengan sukses.

Guyer juga menyebutkan bahwa waktu update minimal delapan jam tersebut adalah untuk Windows 10.

Sementara untuk Windows 11, Microsoft sendiri sejatinya menyertakan pembaruan yang ukurannya 40 persen lebih kecil dan lebih efisien ketimbang Windows 10.

Sehingga bisa saja waktu minimum agar pembaruan sukses terpasang sepenuhnya di perangkat Windows 11 kurang dari delapan jam.

Penjelasan Guyer soal waktu minimum Konektivitas Pembaruan agar update Windows sukses terpasang sepenuhnya dapat disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com