Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Backup Chat WhatsApp Android di Google Drive Tidak Lagi "Gratis"?

Kompas.com - 07/02/2022, 08:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Google memberikan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) untuk pengguna WhatsApp di Android yang ingin mencadangkan (backup) percakapannya di Google Drive. Namun, kebijakan tersebut tampaknya akan berubah.

Google dikabarkan akan memberikan batasan kapasitas tertentu untuk menampung file pencadangan WhatsApp pengguna di Google Drive.

Kabar ini diungkap oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberikan bocoran fitur-fitur baru WhatsApp dengan tepat.

WABetaInfo membagikan tangkapan layar (screenshot) yang menunjukkan serangkaian kode yang diartikan sebagai "batas backup" dan "perubahan backup di Google Drive".

Ini menjadi indikasi bahwa Google merencanakan batasan ruang backup untuk WhatsApp di Google Drive. Dengan demikian, kebijakan ini akan mendorong pengguna untuk berlangganan ruang penyimpanan yang lebih besar di layanan cloud tersebut.

Baca juga: WhatsApp Pasang Iklan 1 Menit di Televisi AS, supaya Laku?

Kode kuota WhatsApp di Google DriveWABetaInfo Kode kuota WhatsApp di Google Drive
Menurut WABetaInfo, ada pula kode yang menampilkan peringatan ketika ruang untuk mencadangkan chat di Google Drive hampir penuh. Hal inilah yang menjadi indikasi kedua. 

Sejauh ini, Google memang memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk Google Drive. Istimewanya, backup chat WhatsApp di Google Drive tidak memakan ruang 15 GB tersebut.

Jika kode tersebut benar-benar dijalankan, artinya pengguna akan mendapatkan peringatan ketika ruang backup di Drive untuk WhatsApp hampir penuh, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (7/2/2022).

Bocoran terkait batasan ruang backup juga sudah muncul pada Oktober tahun lalu. Saat itu, WABetaInfo menyebutkan pengguna harus memilih jenis pesan dan media yang akan dicadangkan di Google Drive.

Meski bocorannya sudah bermunculan sejak beberapa waktu lalu, sejauh ini belum diketahui kapan Google akan menerapkan pembatasan kapasitas untuk backup chat WhatsApp di Android ini. 

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Ikuti WhatsApp versi iOS

Ruang backup gratis untuk WhatsApp merupakan "keistimewaan" yang didapat oleh pengguna WhatsApp Android.

Sebab, pengguna WhatsApp versi iOS sudah lama mendapat batasan di iCloud, sebesar 5 GB. Saat ruang backup gratis habis, pengguna diberikan pilihan langganan cloud berbayar iCloud+.

Lain dengan Apple, Google kabarnya akan membatasi backup gratis hingga 15 GB. Saat ruang gratis habis, pengguna bisa berlangganan paket Google One untuk tambahan ruang hingga 100 GB.

Batasan serupa juga sudah dilakukan Google untuk aplikasi Google Photos pada Juni 2021. Aplikasi tersebut kini memiliki batas backup gratis hingga 15 GB. Gmail dan Google Drive juga hanya memberikan penyimpanan gratis dengan kapasitas yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com