Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda S Pen di Samsung Galaxy Tab S8, Bisa Apa Saja?

Kompas.com - 11/02/2022, 14:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tablet flagship Samsung Galaxy Tab S8 resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (9/2/2022) lalu. Perangkat ini diposisikan sebagai penerus dari Samsung Galaxy Tab S7 series yang meluncur pada Agustus 2021 lalu.

Terdapat tiga model Samsung Galaxy Tab S8 yang dirilis di Tanah Air, yakni Galaxy Tab S8 reguler, Galaxy Tab S8 Plus, dan Galaxy Tab S8 Ultra.

Seperti kebanyakan jajaran perangkat tablet premium, Samsung Galaxy Tab S8 series turut dibekali dengan aksesori pelengkap berupa S Pen.

Kehadiran stylus (pena digital) khas Samsung ini diklaim mampu mendukung pengguna dalam melakukan beragam aktivitas, seperti menggambar, menulis, hingga menavigasi aplikasi yang terdapat di dalam tablet.

Baca juga: Beda Tablet Samsung Galaxy Tab A8 dan Galaxy Tab A7 di Indonesia

Product Marketing Manager Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina mengatakan bahwa S Pen yang disertakan pada Samsung Galaxy Tab S8 telah membawa sejumlah peningkatan.

Annisa menjelaskan, S Pen di Samsung Galaxy Tab S8 Ultra mampu menawarkan peningkatan presisi hingga tiga kali lebih baik dibandingkan pendahulunya pada Samsung Galaxy Tab S7.

Fitur S Pen di Galaxy Tab S8.Samsung Fitur S Pen di Galaxy Tab S8.

S Pen yang terdapat pada Samsung Galaxy Tab S8 Ultra dan Samsung Galaxy Tab S8 Plus memiliki latensi yang cukup rendah, yakni di angka 2,8 ms.

Besaran tersebut setara dengan latency yang dimiliki S Pen pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Sementara S Pen yang hadir dengan Samsung Galaxy Tab S8 reguler diklaim mempunyai latensi sebesar 6,2 ms.

Sebagai perbandingkan, Samsung Galaxy Tab S7 reguler memiliki S Pen dengan latensi 9 ms, sedangkan latensi di S Pen Samsung Galaxy Tab S7 Plus berada di angka 5,6 ms.

"Pengaruhnya sendiri bisa memberikan pengalaman menulis seperti di atas kertas," ucap Annisa dalam sesi konferensi pers yang digelar secara online, Jumat (11/2/2022).

Ditujukan sebagai tablet yang mendukung produktivitas dan kreativitas, Samsung Galaxy Tab S8 series hadir dengan beragam aplikasi penunjang.

Beberapa di antaranya termasuk Samsung Notes, aplikasi bawaan yang memungkinkan pengguna untuk membuat handwriting dengan berbagai jenis pena yang tersedia.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur audiobookmark, sehingga pengguna bisa merekam dan menyertakan rekaman suara tersebut pada catatan yang dibuat di Samsung Notes.

Kemudian ada Clip Studio Paint, sebuah aplikasi yang dapat menyulap tablet layaknya sebuah kanvas. Pengguna juga bisa menggunakan bantuan smartphone sebagai pallet tempat memilih warna.

Baca juga: Link Pre-order Samsung Galaxy Tab S8 Series di Indonesia Beserta Bonusnya

Bagi pengguna yang gemar membuat pencatatan jadwal, kehadiran aplikasi NoteShelf dapat dimanfaatkan untuk membuat daily activity. Aplikasi ini juga menyediakan beragam jenis template penulisan yang menarik.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.dok. Samsung Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com