Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Resmi Pakai Nama "Tiramisu"

Kompas.com - 14/02/2022, 10:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi mengungkap kode nama untuk sistem operasi Android 13. Sesuai tradisi, Android 13 juga menggunakan nama-nama makanan manis (dessert).

Sesuai dengan bocoran sebelumnya, Tiramisu resmi dipakai Google sebagai kode nama Android 13.

Nama Tiramisu di Android 13 ini terkonfirmasi dari informasi sistem di Android 13 yang dirilis untuk para developer (developer preview), baru-baru ini. Di menu About Phone ponsel Android 13, nama Tiramisu tercantum di keterangan Android version (versi Android).

Tiramisu sendiri adalah kue manis asal Italia dengan cita rasa kopi. Makanan ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup (dessert) dan umum dijumpai di restoran Italia di seluruh dunia.

Baca juga: HMD Global Akui Penamaan Ponsel Nokia Membingungkan

Tampilan Android 13 versi developer preview 1 yang menggunakan nama kode Tiramisu.9to5Google Tampilan Android 13 versi developer preview 1 yang menggunakan nama kode Tiramisu.
Sama seperti sebelumnya, nama Tiramisu untuk Android 13 ini kemungkinan hanya akan dipakai oleh kalangan internal Google saja, tidak diumumkan ke publik atau dicantumkan di perangkat Android pengguna.

Pasalnya, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 dan setelahnya.

Namun, Google masih tetap menggunakan kode nama kode camilan manis itu di kalangan internal, seperti pada kasus Android 10 dengan nama Quince Tart, Android 11 Red Velvet Cake, dan Android 12 Snow Cone.

Keputusan Google yang tak lagi menggunakan nama makanan untuk penyebutan OS-nya itu disayangkan oleh banyak fans Android. Mengingat penggunaan nama dessert sudah menjadi ciri khas OS Android.

Google sendiri mulai menggunakan nama makanan manis untuk OS Android sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 (2009), dengan nama Cupcake. Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama dessert setelahnya pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad.

Baca juga: Android 13 Bakal Mudahkan Transfer File dengan Sekali Tap?

Tercatat, Google pernah menggunakan sederet nama-nama dessert seperti Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, hingga Lollipop sebagai nama OS-nya.

Google terakhir kali menyematkan nama dessert "Pie" untuk versi Android 9.0. Tradisi ini berhenti karena Google beralasan sistem penamaan OS Android dengan kode dessert itu sulit dipahami masyarakat awam, sehingga menggantinya dengan nomor/angka saja.

Fitur Android 13 dan jadwal rilisnya

Fitur tema pada Android 13 versi developer preview 1.Blog Developer Android Fitur tema pada Android 13 versi developer preview 1.
VP of Engineering Android di Google, Dave Burke menyebutkan sejumlah perubahan yang disertakan dalam Android 13 versi developer preview 1. Fitur-fitur baru meliputinya adanya lebih banyak opsi tema dan fitur privasi, preferensi bahasa baru, dan beberapa peningkatan lainnya.

Untuk tema, Android 13 bakal menghadirkan ikon aplikasi yang lebih dinamis, bukan hanya aplikasi bikinan Google saja. Nantinya ada fitur ikon bertema yang memungkinkan ikon aplikasi memiliki warna yang senada dengan wallpaper pengguna.

Baca juga: Daftar HP Android Terkencang Januari 2022 Versi AnTuTu

Fitur baru yang dibawa Android 13 versi developer preview 1.Blog Developer Android Fitur baru yang dibawa Android 13 versi developer preview 1.
Di aspek privasi, Android 13 versi developer preview 1 membawa fitur privasi baru. Misalnya, saat berbagi foto dan video di aplikasi.

Sistem operasi terbaru ini memungkinkan aplikasi hanya akan bisa mengakses foto atau video yang dipilih pengguna saja, bukan semua foto di galeri pengguna.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com