Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal FUP pada Paket Unlimited Telkomsel

Kompas.com - 14/02/2022, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai operator penyedia layanan internet seluler, Telkomsel punya beberapa jenis paket data internet yang ditawarkan ke pengguna, salah satunya yang cukup menarik adalah paket Unlimited Telkomsel.

Dengan paket itu, pelanggan Telkomsel bisa mengakses internet secara bebas tanpa takut kehabisan kuota internet. Paket Unlimited berbeda dengan paket data internet Telkomsel biasa yang terbatas dengan kuota.

Pelanggan prabayar yang menggunakan paket data internet Telkomsel dengan kuota, seperti paket Internet SAKTI, tidak bakal bisa mengakses internet saat kuotanya habis. Beda halnya dengan paket Unlimited, yang tetap bisa mengakses internet walau kuota habis.

Baca juga: 2 Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel

Saat ini, setidaknya terdapat tiga jenis paket Unlimited Telkomsel yang bisa dinikmati pelanggangan pascabayar, yakni paket #SurpriseDeal, Combo SAKTI, serta UnlimiitedMAX.

Khusus paket #SurpriseDeal, merupakan paket promo berjangka dari Telkomsel, pelangganan hanya bisa mengaktifkannya terakhir pada hari ini, Jumat (11/02/2022).

Ketiga paket Unlimited Telkomsel tersebut memiliki fitur yang sama, yaitu pelanggan bisa mengakses internet secara bebas tanpa terbatas pada kuota data. Meski demikian, pelanggan tetap harus mengikuti aturan FUP.

Apa itu FUP Telkomsel?

Sederhananya, FUP (Fair Usage Policy) Telkomsel adalah ketentuan batas pemakaian wajar pada suatu paket internet. Dengan adanya FUP Telkomsel, saat paket internet telah mencapai batas pemakaian tertentu dari operator, maka kecepatan transfer datanya bakal menurun.

Ketentuan ini diterapkan agar seluruh pengguna bisa mendapatkan kecepatan internet yang rata. Lantas, berapa batas pemakaian wajar paket Unlimited Telkomsel?

FUP Telkomsel menyesuaikan dengan besar kuota dari paket Unlimited yang dibeli pelanggan. Misalnya, pelanggan membeli paket UnlimitedMax dengan kuota 35 GB. Kuota itulah yang jadi batas pemakaian wajar dari paket Unlimited Telkomsel.

Baca juga: Cara Aktivasi Ulang Kartu Telkomsel yang Hangus

Saat kuota tersebut telah habis maka kecepatan transfer datanya akan diturunkan jadi hanya 64 Kbps (untuk paket di bawah Rp100.000) atau 128 Kbps (untuk paket di atas Rp100.000), sebagaimana dikutip dari laman resmi Telkomsel.

Jadi meski kuota habis, pelanggan dengan paket Unlimited Telkomsel tetap bisa mengakses internet tanpa potongan pulsa, tapi dengan kecepatan hanya 128 Kbps atau 64 Kbps. Jika ingin kecapatan internetnya kembali, pelanggan bisa mengisi ulang kuota internetnya.

Untuk paket UnlimitedMax, pelanggan hanya bisa mengakses internet di aplikasi tertentu, seperti WhatsApp atau YouTube, saat kuotanya habis. Sedangkan di Combo SAKTI, pelanggan masih bisa mengakses internet di berbagai platform selama kuotanya habis.

Sebelum kuota dari paket Unlimited Telkomsel habis, pelanggan bakal menerima notifikasi dari Telkomsel. Notifikasi itu bakal diberikan saat batas pemakaian wajar tersisa 500MB dan ketika kuota batas pemakaian wajar terlewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com