Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lapor jika Akun WhatsApp Kena Hack

Kompas.com - 15/02/2022, 17:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun aplikasi pesan instan WhatsApp telah dibekali berbagai fitur keamanan, seperti adanya fitur verifikasi dua langkah (two-step verification), namun kasus akun WhatsApp yang di-hack atau diretas masih saja marak terjadi.

Tanda-tanda akun WhatsApp yang kena hack yang sering terjadi adalah, akun WhatsApp miliknya mendadak log out. Di saat inilah, hacker atau peretas sedang melakukan upaya peretasan akun secara ilegal.

Biasanya, akun WhatsApp hasil retasan akan dimanfaatkan pihak yang tak berhak untuk perbuatan kejahatan, salah satunya adalah penipuan yang mengatasnamakan korban. Jika hal ini terlanjur terjadi, apa yang harus segera dilakukan?

Baca juga: Aplikasi WhatsApp untuk iPad Segera Hadir?

WhatsApp APAC Communictions Director, Sravanti Dev menjelaskan bahwa pengguna WhatsApp yang mendapati akunnya diretas, dapat melaporkannya melalui e-mail support@whatsapp.com.

Melalui pelaporan ini, tim WhatsApp akan segera memulihkan akun pengguna yang di-hack. Lantas, bagaimana caranya melaporkannya? Berikut ini KompasTekno merangkum langkahnya.

Cara lapor WhatsApp yang dihack

  • Buka akun e-mail Anda
  • Tulis e-mail menjelaskan kronologi detail kejadian termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana peretasan akun terjadi
  • Setelah menulis secara detail, kirim ke e-mail support@whatsapp.com 

Sravanthi mengimbau agar laporan segera dikirim sesaat setelah akun WhatsApp diretas dengan kronologi sedetail mungkin. Semakin cepat dilaporkan, proses pemulihan kemungkinan bisa cepat dilakukan.

Tim WhatsApp akan melakukan investigasi dan mengamati pola perilaku si pemegang akun yang diretas tersebut.

"Misalnya akun yang diretas log-in ke perangkat baru yang sebelumnya tidak pernah log-in menggunakan akun tersebut, hal ini bisa diidentifikasi," imbuh Sravanthi dalam sebuah acara daring, Kamis (27/8/2020).

Kendati demikian, tim WhatsApp tidak akan bisa melihat isi pesan apa saja yang sudah dikirim pelaku karena WhatsApp memiliki sistem end-to-end encryption yaitu sebuah sistem yang diklaim tidak bisa diintip siapa pun, bahkan tim WhatsApp itu sendiri.

Baca juga: WhatsApp Pasang Iklan 1 Menit di Televisi AS, supaya Laku?

Peretas juga tidak dapat melihat isi pesan yang ada sebelumnya, sebab pelaku tidak memiliki akses ke ponsel korban. Selain cara di atas, pengguna dapat menggunakan cara lain untuk memulihkan akun yang diretas dengan segera mungkin re-install aplikasi WhatsApp.  Caranya adalah sebagai berikut:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp yang terpasang di ponsel Anda
  • Unduh kembali aplikasi WhatsApp lewat App Store atau Play Store
  • Log in dengan nomor WhatsApp yang diretas
  • Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS untuk verifikasi nomor
  • Apabila berhasil log in, maka akun dianggap telah pulih
  • Cobalah untuk melakukan langkah-langkah di atas sesegera mungkin, sehingga kemungkinan akun kembali lebih besar

Namun apabila gagal, pengguna dapat menggunakan cara pertama dengan langsung menghubungi tim WhatsApp melalui e-mail support@whatsapp.com. Itulah cara melaporkan akun WhatsApp ketika di-hack. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com