Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 15 Tahun, Facebook Ganti Nama "News Feed"

Kompas.com - 16/02/2022, 07:42 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta melakukan rebranding pada News Feed Facebook, yang merupakan tampilan utama aplikasi. Alih-alih News Feed, kini tampilan tersebut berganti nama menjadi "Feed" saja.

Keputusan ini menandai pertama kalinya perusahaan melakukan perubahan untuk News Feed, setelah diperkenalkan lebih dari 15 tahun lalu.

Rebranding News Feed diumumkan melalui akun resmi Twitter perusahaan, dengan menyertakan GIF yang menggambarkan peralihan News Feed menjadi Feed.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Pengguna Aktif Harian Facebook Turun

"Mulai hari ini, News Feed Facebook akan dikenal sebagai 'Feed.' Selamat berselancar!," demikian cuitan perusahaan melalui akun resminya.

Meski hanya berganti nama, perubahan ini terbilang signifikan karena menurut The Verge, Facebook menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia, dan Feed menjadi antarmuka utama yang disajikan ke pengguna.

Baca juga: Facebook Marketplace Error? Atasi dengan Cara Ini

Juru bicara Facebook, Dami Oyefeso mengatakan, rebranding News Feed ditujukan agar lebih mencerminkan keberagaman konten yang dilihat pengguna.

Kendati namanya berganti, Facebook menegaskan perubahan ini tidak akan memengaruhi pengalaman pengguna saat menjelajah postingan di aplikasi.

Sederhananya, Facebook ingin memisahkan konten berita (News) terutama konten berbau politik dengan konten lainnya, agar pengguna merasa lebih nyaman. Sebab, selama ini konten berita atau sekadar postingan sederhana dari pengguna, tergabung dalam satu tampilan.

Keputusan ini juga tampaknya menjadi upaya Facebook untuk meminimalisasi reputasi perusahaan yang dicap sebagai pusat hoaks, sehingga memisahkan postingan biasa dengan berita.

Facebook News di Perancis

Dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (16/2/2022), Facebook belum lama ini meluncurkan Facebook News di Perancis. Fitur ini ditujukan untuk menampilkan berita dari berbagai sumber yang dinilai andal dan relevan.

"Facebook News adalah tab khusus Facebook di bagian bookmark yang akan menyoroti berita dari berbagai sumber berita yang andal dan relevan," kata Facebook dalam blognya.

Baca juga: Eropa Tidak Masalah Hidup Tanpa Facebook dan Instagram

Perusahaan akan membentuk tim jurnalis independen untuk membantu mengkurasi Facebook News dan memastikan berita yang ditampilkan berimbang. Facebook juga berperan menjadi penerbit melalui fitur Bulletin dalam aplikasinya.

Fitur Facebook News kemungkinan menjadi pembeda utama dengan Feed yang ke depannya hanya akan memuat pembaruan dari teman, grup, halaman yang diikuti pengguna, acara dan lainnya.

Namun demikian, juru bicara Facebook mengeklaim bahwa Facebook News tidak terkait dengan rebranding News Feed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com