Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemeriahan Pernikahan Perdana di Metaverse yang Dihadiri 500 Tamu

Kompas.com - 16/02/2022, 10:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Resepsi pernikahan di dunia metaverse, agaknya tengah menjadi tren. Kali ini, pernikahan di metaverse digelar oleh pasangan di India, bernama Abhijeet Goel dan Dr. Sansrati Jain. Sejoli ini menikah di Yug, sebuah platform metaverse buatan India.

Seperti diketahui, metaverse merupakan dunia virtual yang memungkinkan orang masuk ke dunia digital menggunakan identitas virtual.

Tidak kalah meriah dengan pernikahan di dunia nyata, pernikahan Abhijeet dan Sansrati di metaverse juga semarak.

Resepsi pernikahan yang digelar pada 5 Februari 2022 itu digelar di tepi pantai virtual di dunia metaverse. Ada sekitar 500 tamu undangan yang meramaikan, tentunya mereka hadir pula secara virtual.

Para tamu menghadiri pesta pernikahan Abhijeet dan Sansrati dengan avatar 3D yang mereka buat masing-masing.

Sebagaimana pesta pernikahan di dunia nyata, resepsi pernikahan di metaverse juga dimeriahkan dengan pesta dansa. Para undangan bisa saling berdansa secara virtual dengan tamu lainnya, saling mengobrol, dan juga memberi selamat kepada mempelai.

Baca juga: Apa Itu Metaverse dan Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Selain berdansa, para tamu juga mendapat cokelat premium bermerek Fabelle. Demi menghadirkan suasana pernikahan, sampir seluruh upcara pernikahan divisualisasikan di layar dan bisa ditonton tamu undangan.

Keseluruhan acara digelar selama satu jam, yakni dimuali pukul 20.00 hingga 21.00 waktu setempat. Selain menggelar resepsi pernikahan secara virtual, keduanya juga menggelar pesta secara fisik di daerah Bhopal dengan tamu yang terbatas.

Ide menggelar resepsi di metaverse muncul bukan tanpa alasan. Abhijeet, yang merupakan pengusaha di bidang teknologi, memilih menggelar resepsi di metaverse demi alasan protokol kesehatan.

Seperti di Indonesia, acara keramaian seperti resepsi pernikahan di India juga masih dibatasi karena Covid-19. Akhirnya, Abhijeet dan Sansrati memutuskan untuk menikah di metaverse agar tetap bisa dihadiri oleh keluarga dan teman mereka dari berbagai negara secara virtual.

"Kami berdua ingin menggelar pernikahan, namun karena pembatasan pandemi, kami tidak dapat merencanakan pesta fisik," kata Abhijeet, dirangkum dari Business Insider, Rabu (16/2/2022).

Baca juga: Ini Pasangan India Pertama yang Menikah di Metaverse

Perencanaan cuma seminggu

Abhijeet sendiri mengetahui platform Yug Metaverse dari pendirinya langsung, yakni Utkrash Shukla. Tidak seperti pesta pernikahan fisik yang butuh waktu perencanaan berbulan-bulan, Abhijeet mengekalim resepsi di metaverse cuma butuh waktu perencanaan seminggu.

"Yug hadir menjadi penyelamat dan kami dapat merencanakan pernikahan di tepi pantai di metaverse. Kami biarkan imajinasi kami liar dan merencanakan semua hal termasuk tempat duduk, panggung, spanduk, lantai dansa dan lainnya," kata Abhijeet.

Selain Yug Metaverse, kesuksesan resepsi pernikahan di metaverse ini turut didukung oleh agensi media Wavemaker India dan Matrymoni.com. Matrymoni.com sendiri merupakan situs pernikahan yang mempertemukan Abhijeet dan Sansrati.

"Yug adalah platform terbuka. Orang-orang dapat menciptakan pengalaman mereka sendiri seperti pernikahan, acara virtual, pameran, hangout bersama teman, pertemuan bisnis dan konferensi," kata Shashank, perwakilan Yug Metaverse.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com