Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Gratis untuk Membuat CV Lamaran Kerja lewat HP

Kompas.com - 19/02/2022, 18:00 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Membuat curriculum vitae (CV) kini bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembuat CV. Calon pelamar kerja bisa membuat CV lebih menarik dan efisien dengan memanfaatkan aplikasi pembuat CV.

Apalagi, aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan berbagai template CV yang sudah Aplicant Tracking System/ATS-Friendly. ATS Friendly sendiri merupakan sebuah istilah yang merujuk pada seberapa mudah dokumen pelamar dibaca oleh sistem.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang sudah mulai menerapkan sistem ATS tersebut sehingga pelamar terkadang perlu memperbarui CV-nya dengan format ATS-Friendly.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat men-download aplikasi untuk membuat CV secara gratis di Play Store atau App Store di ponsel Android atau iPhone.

Baca juga: Daftar Aplikasi Transfer Uang Gratis Biaya Admin Beserta Cara Transfer

Lantas apa saja aplikasi pembuat CV tersebut? Berikut ini KompasTekno rangkum daftar aplikasi gratis pembuat CV untuk lamaran kerja.

VisualCV

Visual CVbest app Visual CV

Aplikasi gratis untuk membuat CV lamaran kerja yang pertama adalah VisualCV. VisualCV dapat diunduh melalui Play Store atau App Store dan menawarkan lebih dari 20 template surat lamaran kerja ATS-Friendly.

Aplikasi ini memiliki rating 3.9 hingga 4.2 dari 5 di Play Store maupun App Store. VisualCV dikembangkan oleh perusahaan Workstory Inc.

Adapun ukuran aplikasinya 13 MB untuk ponsel Android dan 27,4 untuk iPhone. VisualCV memiliki fitur premium dimana pengguna dapat lebih leluasa memilih template surat lamaran kerja dengan format unduhan PDF.

Resume Builder

Resume BuilderBest App Resume Builder

Resume Builder merupakan aplikasi pembuat CV yang sepenuhnya gratis. Pengguna dapat memilih 24 template, membuat maupun mengedit resume. Aplikasi Resume Builder dapat diunduh secara gratis di Play Store atau App Store.

Resume Builder memiliki ukuran 39.1 MB di App Store dan 60 MB di Play Store. Memiliki rating yang cukup tinggi yaitu 4.8 dari 5. Aplikasi ini dikembangkan oleh Resume.com Inc.

Baca juga: Pendiri WhatsApp: Lamaran Kerja Saya Ditolak Facebook

Resume Star 2

Resume Star 2 Best App Resume Star 2

Aplikasi membuat CV gratis berikutnya adalah CV Resume Star 2. Aplikasi ini hanya tersedia di iOS dan dapat diunduh di App Store.

Aplikasi Resume Star 2 memiliki kompatibilitas iCloud yang memudahkan pengguna iPhone menyimpan dan membagikan CV PDF mereka. Resume Star 2 menyediakan versi gratis maupun premium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com