Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel 5G BlackBerry Resmi Tutup Usia

Kompas.com - 21/02/2022, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Rencana kehadiran ponsel 5G dari brand BlackBerry kini tinggal angan semata. Ponsel 5G BlackBerry yang digadang-gadang membawa keyboard QWERTY fisik ini dipastikan tidak akan dirilis ke publik.

Hal ini menyusul penutupan perusahaan OnwardMobility, pemilik lisensi BlackBerry sejak 2020. Kabar ini terungkap dari sebuah pengumuman di situs resmi OnwardMobility.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa OnwardMobility akan ditutup, dan kami tidak akan lagi melanjutkan pengembangan smartphone sangat aman dengan keyboard fisik," kata tim OnwardMobility.

Dengan penutupan operasi perusahaan, ini artinya ponsel BlackBerry 5G resmi tamat dan tidak bakal diproduksi oleh OnwardMobility.

Padahal, sebelumnya OnwardMobility terbilang percaya diri bakal meluncurkan ponsel BlackBerry 5G pada paruh pertama 2021 lalu atau sekitar bulan Januari hingga Juni 2021.

Tak hanya itu, OnwardMobility juga sempat membuka saluran pemesanan (pre-order) bagi pengguna yang berminat membeli ponsel ini melalui situs onwardmobility.com/waitlist, untuk mendapatkan berbagai benefit ketika ponsel 5G BlackBerry tersebut dirilis ke publik.

Namun, pantauan KompasTekno pada Senin (21/2/2022) pagi, situs tersebut sudah tidak bisa dikunjungi. Ketika dibuka, laman justru menampilkan informasi "Page Not Found" (halaman tidak ditemukan).

Sebagai informasi, ponsel BlackBerry 5G ini sedianya bakal diwujudkan melalui kerja sama antara perusahaan rintisan OnwardMobility asal AS dan FIH Mobile, pabrikan ponsel Android di bawah Foxconn.

Dalam pembagian tugas, OnwardMobility akan melakukan perencanaan produk dan pengembangan pasar. Sementara FIH Mobile akan merancang dan memproduksi perangkat di bawah pedoman ketat BlackBerry.

Namun rencana ini dipastikan gagal total.

Baca juga: Selamat Tinggal BlackBerry OS dan Ponsel BlackBerry Lawas

Poster pengumuman BlackBerry yang akan hadir lagi tahun 2021.The Verge Poster pengumuman BlackBerry yang akan hadir lagi tahun 2021.
Kehilangan lisensi BlackBerry?

OnwardMobility tidak menjelaskan alasan penutupan operasi perusahaan dan penghentian produksi ponsel di bawah merek BlackBerry.

Dalam pengumumannya, OnwardMobility hanya mengatakan bahwa pihaknya kecewa dengan keputusan ini.

"Harap diketahui bahwa ini bukan keputusan yang kami buat dengan enteng atau tergesa-gesa. Kami sama-sama kecewa seperti Anda terkait kabar ini. Dan kami kami meyakinkan Anda bahwa ini bukan hasil yang kami usahakan dan harapkan," kata tim OnwardMobility dalam sebuah posting di situs resminya.

Namun menurut informasi dari outlet media Android Police dan CrackBerry, keputusan penutupan dan penghentian produksi smartphone ini dikarenakan OnwardMobility telah kehilangan lisensi dari perusahaan BlackBerry Ltd untuk menggunakan merek "BlackBerry" pada ponsel bikinannya.

Akibatnya, OnwardMobility tidak dapat mewujudkan ponsel 5G BlackBerry rancangannya yang akan mengandalkan keyboard QWERTY fisik, konektivitas 5G, dan menjalankan sistem opertasi Android, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Senin.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com