Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Uang SPP lewat Warung Mitra Tokopedia, Begini Caranya

Kompas.com - 21/02/2022, 10:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Kompas.com - Tokopedia memungkinkan masyarakat untuk membayar biaya pendidikan seperti Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) lewat warung-warung yang telah terdaftar di ekosistem perusahaan.

Selain penjual yang tesedia secara online, Tokopedia juga memiliki mitra penjual tradisional yang melakukan penjualan luring (offline) seperti warung kelontong.

Mitra penjual tradisional itu juga dibekali aplikasi bernama Mitra Tokopedia, untuk menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital.

Dalam praktik pembayaran SPP, masyarakat yang berkunjung ke warung mitra Tokopedia akan dibantu melakukan pembayaran SPP melalui fitur Biaya Pendidikan di aplikasi Mitra Tokopedia.

Layanan ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat di daerah pelosok atau masyarakat yang tidak memiliki rekening bank.

Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan InfraDigital Nusantara (IDN), yaitu startup yang menawarkan solusi pembayaran digital bagi institusi pendidikan.

Baca juga: 2 Cara Cek Resi GrabExpress dari Aplikasi Grab, Tokopedia, dan Shopee

Dengan kerja sama ini, pelajar di lebih dari 6.000 institusi pendidikan yang tergabung dalam Jaringan IDN meliputi sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, dapat membayar biaya pendidikan melalui warung dan toko Mitra Tokopedia.

“Kami berupaya mendukung lembaga pendidikan, yang berada di pelosok, dengan orang tua yang belum terhubung dengan bank. Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Mitra Tokopedia untuk menyediakan layanan ini,” kata CEO InfraDigital Nusantara, Ian McKenna.

Cara bayar SPP lewat warung/toko Mitra Tokopedia

Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan lewat warung atau toko di ekosistem Mitra Tokopedia, pengguna hanya perlu mengunjungi warung Mitra Tokopedia terdekat. Biasanya, warung atau toko Mitra Tokopedia akan memiliki banner di depan toko.

Baca juga: Cara Pre-order Galaxy S22 di Samsung.com, Tokopedia, Shopee, dan Blibli

Selanjutnya, informasikan nama sekolah dan nomor pembayaran atau nomor mahasiswa yang terdaftar. Nantinya, data tersebut akan diinput pada layanan "Biaya Pendidikan" di aplikasi Mitra Tokopedia hingga transaksi pembayaran selesai.

Layanan pembayaran biaya pendidikan juga dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat melalui aplikasi Tokopedia.

Perluasan layanan Biaya Pendidikan melalui warung atau toko Mitra Tokopedia ditujukan untuk memudahkan masyarakat di daerah pelosok dalam melakukan pembayaran biaya sekolah, tanpa harus berkunjung langsung ke sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com