Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah iPhone Pertama yang Hadir Tanpa "Poni"?

Kompas.com - 22/02/2022, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple mulai mempopulerkan desain ponsel berponi (notch) di iPhone X series. Desain tersebut terus diadopsi perusahaan untuk beberapa ponsel generasi baru termasuk iPhone 12 series dan iPhone 13 series.

Padahal, sejumlah vendor ponsel sudah menerapkan konsep layar berlubang (punch hole) alih-alih poni. Pasalnya, desain poni seperti milik iPhone cukup memakan banyak ruang pada layar.

Sejumlah rumor mengatakan bahwa Apple akan meninggalkan poni dan beralih ke desain yang lebih inovatif.

iPhone 15 Pro pun disebut-sebut akan menjadi iPhone pertama tanpa notch. Alih-alih menggunakan punch-hole sebagai pengganti poni, Apple diduga akan menyematkan kamera depan di dalam layar.

Baca juga: 10 Tips Membeli iPhone Bekas agar Tidak Tertipu

Indikasi tersebut muncul berdasarkan informasi dari pembocor gadget kenamaan, LeaksApplePro

Ia mengeklaim bahwa tim yang mengerjakan pengembang Touch ID telah dipindahkan ke tim Face ID. Sehingga, kemungkinan besar Apple akan benar-benar meninggalkan teknologi Touch ID dan fokus menggarap teknologi kamera depan di dalam layar tersebut.

Informasi sebelumnya menyebutkan bahwa Apple sudah berencana menempatkan kamera depan di bawah layar di iPhone 13 Pro. Namun, ponsel tersebut nyatanya hadir tanpa kamera di bawah layar.

Penyebab batalnya penggunaan kamera di bawah layar di iPhone 13 Pro kemungkinan adalah karena teknologinya yang belum sempurna.

Dengan begitu, Apple harus melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut agar kamera bawah layar bisa disempatkan di iPhone generasi selanjutnya.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Bisa Dicoba

Pembocor gadget, iDROPNEWS, memperkuat dugaan bahwa iPhone 15 Pro akan menjadi iPhone pertama yang hadir tanpa poni.

Ia menyebutkan bahwa insinyur di Apple tidak akan lagi mengembangkan teknologi pengenal sidik jari di bawah layar untuk iPhone.

Indikasi lain juga terlihat dari dirilisnya pembaruan iOS 15.4 Beta yang memungkinkan pengguna untuk membukan kunci iPhone mengunakan fitur Face ID, meskipun memakai masker.

Sebagai gantinya, Apple kemungkinan mengandalkan teknologi Face ID atau pengenal wajah baru melalui sensor yang disematkan di bawah layar.

Baca juga: Cara Melacak iPhone yang Hilang dalam Keadaan Mati

Salah satu komponen Face ID adalah kamera. Jika Apple memindahkan sensor Face ID ke bawah layar, kemungkinan kamera yang digunakan untuk mendukung fitur itu juga akan dibenamkan di layar sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (22/2/2022).

Kendati demikian, teknologi ini diklaim belum akan hadir pada tahun ini. Dengan kata lain, iPhone 14 masih akan mengemas desain layar berponi, sama dengan iPhone 13.

Sehingga, kemungkinan besar teknologi tersebut akan mulai digunakan di iPhone 15.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com