Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-On Samsung Tab S8 Ultra, Tablet Rasa Laptop yang Dibanderol Rp 20 Juta

Kompas.com - 22/02/2022, 19:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 9 Februari lalu, Samsung telah meluncurkan tiga model tablet baru dari keluarga Galaxy Tab S8 di Indonesia, yaitu Galaxy Tab S8, S8 Plus, dan S8 Ultra.

Galaxy Tab S8 Ultra adalah model yang paling istimewa di antara tiga tablet Galaxy Tab S8 series. Pasalnya, untuk pertama kalinya, Samsung meluncurkan model "ultra" pada lini Samsung Galaxy Tab miliknya pada 2022 ini.

Selain itu, dari ketiganya, Galaxy Tab S8 Ultra diposisikan sebagai model paling atas karena dibekali dengan spesifikasi yang paling tinggi.

Misalnya, tablet ini dibekali dengan layar paling luas sebesar 14,6 inci, kapasitas baterai paling besar sebesar 11.200 mAh, chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, dukungan 5G, dan dua kamera selfie beresolusi 12 MP.

Di samping spesifikasi yang paling tinggi, Galaxy Tab S8 juga dibanderol dengan harga paling mahal di antara ketiganya, yakni Rp 20 juta.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy Tab S8, S8 Plus, dan S8 Ultra di Indonesia

Dengan harga segitu, apa saja yang didapatkan konsumen dalam kotak kemasan Galaxy Tab S8 Ultra? Ikuti penelusuran singkatnya berikut ini.

Untuk diketahui sebelumnya, KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal Galaxy Tab S8 Ultra 5G (12/256 GB) berwarna Graphite versi ritel resmi Indonesia.

Unboxing Galaxy Tab S8 Ultra

Seperti lini Samsung Galaxy Tab S7 FE sebelumnya, Galaxy Tab S8 Ultra kali ini juga datang dengan desain kemasan yang sama, yaitu didominasi dengan warna putih. Di mana pada bagian depan kotak kemasan terdapat tulisan "Galaxy Tab" dengan aksen warna abu-abu muda mengilat serta gambar perangkat Galaxy Tab S8 yang berwarna abu-abu kehitaman.

Tak lupa, ada nama "Galaxy Tab S8 Ultra 5G" yang disematkan di bawah gambar perangkat.

Kesan pertama saat memegang kotak kemasan Galaxy Tab S8 Ultra 5G adalah ukurannya yang besar. Kendati demikian, kotak kemasan tablet baru ini lebih tipis ketimbang tablet Samsung sebelumnya, Galaxy Tab S7 FE.

Ketika dibuka, isi kotak penjualan Galaxy Tab S8 Ultra seharga Rp 20 juta ini juga terlihat minimalis.

Pasalnya, di dalam kotak hanya terdapat satu unit tablet Galaxy Tab S8 Ultra berwarna Graphite, satu buah pena digital (stylus) S Pen, kabel USB Type-C to USB Type-C, satu SIM card ejector tool, dan lembar panduan penggunaan.

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra meliputi satu unit Galaxy Tab S8 Ultra berwarna Graphite, stylus S Pen, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tools, serta lembar panduan penggunaan. Samsung tidak menyertakan kepala charger dalam kotak pembelian.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra meliputi satu unit Galaxy Tab S8 Ultra berwarna Graphite, stylus S Pen, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tools, serta lembar panduan penggunaan. Samsung tidak menyertakan kepala charger dalam kotak pembelian.
Kini, Samsung tidak lagi menyertakan kepala charger dalam kotak kemasan Galaxy Tab S8 Ultra.

Jadi, pengguna bisa menggunakan adapter charger dengan interface USB Type C yang dimilikinya sebelumnya, atau membeli adapter charger SuperFast Charging 45 watt secara terpisah.

Pantauan KompasTekno pada Selasa (22/2/2022), adapter charger SuperFast Charging 45 watt itu belum dijual di situs resmi Samsung Indonesia. Namun bila melihat di situs Samsung Amerika Serikat, adapter yang sama dibanderol seharga 50 dollar AS atau setara Rp 716.000.

Baca juga: Harga Charger Orisinil Samsung Galaxy S21 di Indonesia Jika Dibeli Terpisah

Berbicara soal pena digital, Stylus S Pen bawaan Galaxy Tab S8 ini memiliki desain yang elegan dengan warna hitam doff. S pen di Galaxy Tab S8 Ultra 5G dengan dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE).

Dengan BLE, S Pen di tablet ini memiliki banyak fitur, mulai dari menjalankan air actions (perintah dengan gestur tertentu tanpa menyentuh lyar), menulis, menggambar, mengambil tangkapan layar, menjadi pointer layaknya kursor, dan masih banyak lainnya.

S Pen Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan serta memiliki latensi rendah di angka 2,8 ms.

Ini membuat pengalaman menulis atau menggambar dengan S Pen di layar Galaxy Tab S8 Ultra terasa sangat mirip ketika menulis atau menggambar di atas kertas biasa.

S Pen ini dibekali baterai berkapasitas 0,35 mAh dan memiliki bobot sebesar 8 gram saja.

Baca juga: Fitur-fitur Tablet Galaxy Tab S8 Ultra yang Dijual Rp 20 Juta di Indonesia

Layar luas dengan refresh rate 1-120 Hz

Layar Galaxy Tab S8 Ultra menggunakan panel Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel), refresh rate hingga 120 Hz, dan kerapatan piksel 240 ppi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Layar Galaxy Tab S8 Ultra menggunakan panel Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel), refresh rate hingga 120 Hz, dan kerapatan piksel 240 ppi.
Dibandingkan dengan dua saudara lainnya, Galaxy Tab S8 Ultra dibekali dengan layar paling besar dengan bentang 14,6 inci. Ukuran layar tersebut hampir menyamai laptop ukuran 15 inci. Ini menjadikan Galaxy Tab S8 Ultra sebagai tablet terbesar Samsung untuk saat ini.

Layar Galaxy Tab S8 Ultra menggunakan panel Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel) dengan kerapatan piksel 240 ppi. Dengan begitu, layar tablet ini mampu menampilkan gambar atau konten yang tajam dan jernih.

Layar Galaxy Tab S8 Ultra dibekali dengan dua kamera depan yang ditampung dalam sebuah poni. Adapun dua kamera depan tersebut mencakup kamera wide dan kamera ultrawide yang masing-masing beresolusi 12 MP.

Hal menarik lainnya, layar Galaxy Tab S8 Ultra sudah mendukung adaptive refresh rate paling rendah 1 Hz hingga paling tinggi 120 Hz.

Layar tablet ini bisa menyesuaikan tampilan hingga refresh rate apling rendah 1 Hz pada konten statis. Sehingga, secara teknis, bakal lebih menghemat daya.

Sementara dengan refresh rate 120 Hz, menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Layar Super AMOLED Galaxy Tab S8 Ultra ini juga sudah mendukung fitur pemindai sidik jari di bawah layar (on-display fingerprint).

Di samping itu, layar Galaxy Tab S8 Ultra ini sudah dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus Plus sehingga tahan terhadap goresan.

Layar tablet ini masih dapat ternodai dengan cetakan sidik jari dengan mudah. Namun, noda tersebut juga bisa hilang dengan mudah juga bila dilap menggunakan kain microfiber.

Baca juga: Review Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Besar Pendukung Produktivitas

Bodi tipis, tapi tak bisa digenggam dengan satu tangan

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki bodi yang tipis, yaitu dengan ketebalan 5,5mm saja.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki bodi yang tipis, yaitu dengan ketebalan 5,5mm saja.
Dalam orientasi horizontal (landscape), bodi Galaxy Tab S8 Ultra memiliki dimensi tinggi 208,6 mm, lebar 326,4 mm, dan ketebalan 5,5 mm. Dengan dimensi tersebut ditambah dengan pinggiran frame yang flat, Galaxy Tab S8 Ultra ini terasa sangat tipis dan terkesan premium.

Tak seperti ponsel atau tablet ukuran 8-an inci, Galaxy Tab S8 Ultra dengan ukuran layar super besar 14,6 inci dengan bobot sekitar 728 gram ini tidak memungkinkan untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Bila ingin menggunakan satu tangan, tablet ini paling nyaman dan aman dibawa dengan cara ditopang menggunakan satu tangan dibagian bagian punggungnya (orientasi landscape). Sementara, dalam orientasi vertikal (portrait), tablet ini masih bisa dibawa menggunakan satu tangan.

Beralih ke bagian punggungnya, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra masih memiliki desain yang mirip dengan lini tablet Galaxy S sebelumnya. Misalnya, ada dua kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Dua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP (AF) dan kamera ultrawide 6 MP, lengkap dengan sebuah lampu LED flash.

Di bawah modul kamera belakang tersebut, masih terlihat adanya tempat untuk aksesori stylus S Pen berbentuk oval yang memanjang. Kompartemen tersebut bisa digunakan untuk menyimpan sekaligus mengisi daya S Pen.

Baca juga: Beda S Pen di Samsung Galaxy Tab S8, Bisa Apa Saja?

Desain punggung Galaxy Tab S8 Ultra yang menampilkan dua kamera belakang dan lampu LED flash, serta kompartemen magnetis untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Desain punggung Galaxy Tab S8 Ultra yang menampilkan dua kamera belakang dan lampu LED flash, serta kompartemen magnetis untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen.
Punggung tablet Galaxy Tab S8 Ultra tersebut menggunakan material Armor Aluminium dengan finishing matte, bukan mengilap dan memberikan efek cermin.

Saat diusap, permukaan punggung Galaxy Tab S8 Ultra ini terasa licin sehingga rawan terlepas saat dibawa menggunakan satu tangan.

Untuk menyiasatinya, pengguna bisa membeli aksesori Book Cover Keyboard Galaxy Tab S8 Ultra seharga hampir Rp 4 juta dengan uang dari kocek sendiri.

Dalam masa pre-order hingga 3 Maret 2022, aksesori keyboard ini ditawarkan gratis oleh Samsung. (Baca: Link Pre-order Samsung Galaxy Tab S8 Series di Indonesia Beserta Bonusnya)

Selain sebagai pelindung tablet, Book Cover Keyboard yang sudah dibekali dengan keyboard ini juga bakal memaksimalkan penggunaan tablet seperti laptop saat dalam mode tampilan Samsung DeX. Keyboard pada aksesori tersebut juga sudah dilengkapi dengan trackpad.

Namun bila menggunakan Book Cover Keyboard, bobot dan ketebalan tablet ini otomatis ikut bertambah, yakni beratnya menjadi hampir 1,4 kg (tablet, Book Cover Keyboard, dan S Pen) serta ketebalannya menjadi sekitar 15 mm.

Alternatif lainnya, pengguna bisa membeli casing sendiri dan menggunakan keyboard bluetooth untuk menunjang penggunaan tablet dalam tampilan desktop laptop pada mode Samsung DeX.

4 speaker stereo dan tak ada colokan audio 3,5 mm

Dalam orientasi landscape, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki empat speaker stereo besutan AKG yang terletak di sisi dan kiri bodi tablet. Quad speaker stereo tersebut sudah dibekali teknologi Dolby Atmos. Tak lupa, ada pula port USB Type C untuk pengisian daya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dalam orientasi landscape, Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki empat speaker stereo besutan AKG yang terletak di sisi dan kiri bodi tablet. Quad speaker stereo tersebut sudah dibekali teknologi Dolby Atmos. Tak lupa, ada pula port USB Type C untuk pengisian daya.
Lanjut membahas tombol dan port. Di sisi kanan tablet, terdapat tombol daya, tombol pengatur volume, laci SIM (1 buah SIM nano dan 1 microSD). Bagian ini akan berada di sisi atas ketika tablet digunakan dalam orientasi horizontal (landscape).

Sementara di sisi sebaliknya, ada konektor 3-pin khusus untuk menyambungkan tablet ini ke aksesori Book Cover Keyboard. Konektor ini terbuat dari magnet, sehingga mudah untuk dipasang dan dilepas.

Di bagian atas tablet terdapat sepasang grill speaker. Sementara di bawah terdapat sepasang grill speaker lagi serta satu buah port USB Type C.

Jadi bila ditotal, Galaxy Tab S8 Ultra ini memiliki empat speaker stereo racikan produsen audio terkemuka, AKG. Quad speaker itu juga dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos. Dalam mode landscape, quad speaker ini bakal bisa memberikan efek surround sound (suara kitar) 360 derajat dengan suara yang kencang.

Dengan begitu, tablet Android ini tidak dibekali dengan colokan audio jack 3.5 mm. Samsung juga tak menyertakan adapter jack 3,5mm ke USB-C.

Konsekuensinya, mau tidak mau, pengguna yang terbiasa memakai headset berkabel harus membeli sendiri adapter headphone jack 3,5mm ke USB-C. Atau beralih menggunakan TWS/headset wireless.

Baca juga: Review Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Laci SIM pada Galaxy Tab S8 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Laci SIM pada Galaxy Tab S8 Ultra.
Di sektor hardware, tablet premium Samsung ini diotaki System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm). Chipset tersebut dipadukan dengan RAM sebesar 12 GB serta penyimpanan internal sebesar 256 GB. Baik RAM maupun penyimpanan internal tablet ini bisa diekspansi.

Misalnya, Samsung menyertakan fitur RAM Plus hingga 8 GB. Fitur RAM Plus akan mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual. Dengan fitur RAM Plus, RAM tablet yang semula berukuran 12 GB, dapat diperluas hingga mencapai 20 GB.

Lalu, kapasitas penyimpanan internal juga bisa diekspansi hingga 1 TB menggunakan slot kartu eksternal microSD.

Fitur lain yang dibawa Samsung Galaxy Tab S8 Ultra meliputi WiFi 6E, WiFi Direct, Bluetooth 5.2, serta tiga buah mikrofon. Tablet ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka One UI 4.1.

Nah, masih penasaran melihat wujud Galaxy Tab S8 Ultra dari segala sisi? Foto-foto unboxing Galaxy Tab S8 Ultra bisa dilihat melalui galeri foto di tautan berikut ini.

Spesifikasi dan harga Galaxy Tab S8 Ultra 5G selengkapnya sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G
Layar Super AMOLED 14,6 inci, resolusi WQXGA+ (2.960 x 1.848 piksel), adaptive refresh  rate hingga 120 Hz, serta kerapatan 240 ppi.
Dimensi 208,6mm x 326,4mm x 5,5mm
Bobot 728 gram
System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm)
GPU Adreno 730
CPU Octa-core (1x3.00 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
Sistem operasi Android 12 dilapisi One UI 4.1
RAM/ Internal storage RAM: 12 GB (tambahan RAM Plus 8 GB)
Penyimpanan internal: 256 GB (diperluas hingga 1 TB dengan microSD)
SIM satu buah nano-SIM
NFC Tidak ada
Kamera depan Kamera utama (wide) 12 MP
Kamera ultrawide 12 MP
Kamera belakang Kamera utama (wide) 13 MP
Kamera ultrawide 6 MP
Baterai 11.200 mAh dengan dukungan fitur SuperFast Charging 2.0 hingga 45 watt
Fitur lainnya Fingerprint on-displat, dukungan 5G, S Pen, USB Type-C 3.2, Bluetooth 5.2, WiFi 6E, WiFi Direct, Bluetooth 5.2, tiga buah mikrofon, quad speaker stereo besutan AKG dengan teknologi Dolby Atmos, slot microSD, 
Warna Graphite (abu-abu kehitaman)
Harga Rp 19.900.000 (12/256 GB)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com