Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Google, Linux Lebih Aman Dibanding Windows atau MacOS

Kompas.com - 23/02/2022, 10:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Windows menjadi sistem operasi komputer yang terkenal di dunia. Selain Windows, Linux dan MacOS juga menjadi sistem operasi yang ditujukan untuk komputer.

Meski adopsinya tidak semasif yang lain, sistem operasi Linux dinilai lebih aman dari MacOS maupun Windows. Klaim ini berasal dari penelitian Google Project Zero yang belum lama diterbitkan.

Project Zero adalah tim peneliti keamanan Google yang bertugas mencari celah keamanan di berbagai platform.

Menurut riset itu, Linux lebih aman dibanding Windows dan MacOS. Aman di sini bukan berarti Linux benar-benar aman dan tidak terpapar kerentanan keamanan, melainkan karena pengembang di balik sistem operasi tersebut memelihara dan memperbaiki kelemahan keamanan atau bug dengan baik.

Pengembang Linux juga dinilai cepat tanggap dalam menangani kerentanan keamanan sistem operasinya.

Tim di project Zero mengamati kerentanan yang dilaporkan antara Januari 2019 hingga Desember 2021. Mereka menemukan bahwa rata-rata programer open source memperbaiki masalah Linux hanya dalam 25 hari.

Baca juga: 25.000 Komputer PNS Jerman Tinggalkan Windows, Beralih ke Linux

Mereka juga terus mempercepat proses penambalan kerentanan keamanan. Misalnya pada tahun 2019, proses penambalan kerentanan keamanan dilakukan dalam waktu satu bulan. Namun kini, proses tersebut dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua minggu.

Dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (23/2/2022), Linux lebih aman dibanding sistem operasi lain karena memiliki pengembang di seluruh dunia yang dapat meninjau kode dan memastikan tidak ada bug.

Penanganan bug di MacOs dan Windows

Apple sebagai perusahaan pengembang macOS membutuhkan waktu sekitar 69 hari atau dua kali lipat dibanding Linux. Sementara itu untuk Windows, Microsoft membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk memperbaiki bug atau 3 kali lebih lama dibanding programer Linux.

Riset itu juga menyebutkan Google dan Mozilla yang membutuhkan waktu masing-masing 44 dan 46 hari untuk memperbaiki bug. Secara umum Oracle menjadi perusahaan yang paling lama memperbaiki setiap bug dengan waktu rata-rata 109 hari.

Baca juga: Linux Bikin Aplikasi Pelacak Covid-19 Pakai Teknologi Apple-Google

Sementara itu untuk sistem operasi mobile, Project Zero menyebutkan Apple lebih cepat merilis patch keamanan untuk iOS dibanding Google untuk Android.

Secara umum, iOS menerima 76 laporan bug dan Apple memperbaikinya rata-rata dalam waktu 70 hari. Sementara Google dan Samsung menerima 6 laporan bug dan kedua perusahaan membutuhkan waktu rata-rata perbaikan seama 72 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com