Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Masalah Server 400 Error YouTube Android dan iPhone

Kompas.com - 25/02/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Baik pengguna ponsel Android maupun iPhone, mungkin pernah menjumpai muncul pesan "Server 400 Error" di aplikasi YouTube saat memutar video. Saat pesan itu muncul, video bakal tidak bisa diputar atau ditonton.

Pesan seperti itu kemungkinan bakal muncul secara otomatis, yang jadi penanda bahwa aplikasi YouTube di ponsel tidak dapat menyelesaikan permintaan pengguna dengan baik. Munculnya pesan error atau terjadi gangguan itu bisa diakibatkan oleh beberapa hal.

Yang paling umum terjadi, pesan error di aplikasi YouTube bisa muncul karena pengguna tidak memiliki koneksi internet yang bagus di ponselnya, atau bisa juga karena memori internal ponsel sudah penuh.

Baca juga: Cara Download Video YouTube lewat HP dan PC, Legal dan Mudah

Terdapat beberapa pesan terjadinya gangguan yang bakal muncul di aplikasi YouTube selain "Server 400 Error", diantaranya adalah sebagai berikut:

  • "Harap periksa koneksi jaringan Anda (Coba lagi)"
  • "Terjadi error saat memuat. Ketuk untuk mencoba lagi."
  • "Tidak ada koneksi internet."
  • "Terjadi error tak terduga. Harap coba lagi nanti."
  • "Error Jaringan 400."

Sementara itu, pesan Error 400 artinya gangguan terjadi akibat pengguna tidak terhubung atau memiliki koneksi internet yang memadai, sehingga aplikasi tidak bisa menjalankan perintah untuk memutar video.

Error 400 bisa muncul di aplikasi YouTube Android dan iPhone. Anda mendapat pesan YouTube Android error? atau YouTube iPhone error?

Tenang, berikut cara mengatasi masalah Server 400 Error YouTube Android dan iPhone:

1. Matikan mode pesawat di ponsel

Cara mengatasi Server 400 Error YouTube Mode yang pertama adalah dengan mematikan mode pesawat di ponsel. Mode pesawat yang aktif bisa mengakibatkan ponsel menjadi offline, atau ponsel bakal terputus dengan koneksi internet.

Sementara itu, mengakses YouTube membutuhkan koneksi internet agar tidak muncul pesan terjadinya gangguan tersebut. Cara mematikan mode pesawat bisa dilakukan dengan mengetuk ikon pesawat terbang di menu pengaturan cepat pada masing-masing ponsel.

2. Pastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet

Apabila telah mematikan mode pesawat, namun pesan Server 400 Error masih muncul di YouTube, pastikan dulu bahwa ponsel Anda telah terhubung dengan koneksi internet.

Ponsel harus terhubung dengan koneksi internet, baik dari jaringan seluler maupun WiFi, agar bisa mengakses aplikasi YouTube dengan lancar. Jika koneksi internet berasal dari jaringan seluler, pastikan Anda memiliki paket data yang masih aktif.

Sedangkan untuk koneksi internet ponsel yang bersumber dari jaringan WiFi, pastikan bahwa tidak ada permasalahan pada perangkat router yang berfungsi untuk menyebarkan jaringan tersebut.

3. Muat ulang aplikasi YouTube

Dikutip dari laman resmi dukungan Google, cara mengatasi masalah Server 400 Error Youtube bisa dilakukan dengan memuat ulang aplikasi. Caranya, tutup aplikasi Telegram secara penuh, lalu bukalah lagi.

Tiap jenis ponsel punya langkah yang berbeda untuk menutup aplikasi secara penuh. Ikuti panduan menutup aplikasi secara penuh yang ada di ponsel Anda. Memuat ulang ini bertujuan untuk menyegarkan sistem pada aplikasi agar dapat dibuka dengan lancar.

4. Perbarui versi aplikasi YouTube

Kemudian, cara mengatasi masalah Server 400 Error YouTube juga bisa dilakukan dengan memperbarui versi aplikasinya. Pembaruan versi aplikasi biasanya bakal membawa perbaikan pada sejumlah gangguan.

Baca juga: Cara Melakukan Live Streaming YouTube via Android dan iPhone

Cara memperbarui versi aplikasi YouTube bisa dilakukan lewat toko aplikasi pada masing-masing ponsel, App Store (untuk ponsel iPhone) dan Google Play Store (untuk ponsel Android).

5. Perbarui sistem operasi ponsel

Cara mengatasi masalah Server 400 Error YouTube yang selanjutnya adalah dengan memperbarui sistem operasi ponsel. Sistem operasi ponsel yang usang mungkin terdapat gangguan, sehingga menyebabkan masalah dalam mengakses aplikasi.

Pembaruan sistem operasi biasanya tersedia secara otomatis di menu pengaturan ponsel. Versi sistem operasi yang terbaru bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan dalam mengakses aplikasi.

Selain cara di atas, Anda juga bisa untuk mencoba menonton video kembali setelah 30 menit pesan Server Error 400 muncul di aplikasi YouTube. Demikian lima cara mengatasi masalah Server 400 Error Youtube, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com