Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Streamer Twitch Bisa Dapat Uang hingga Rp 7 Juta per Bulan

Kompas.com - 26/02/2022, 08:01 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Twitch menghadirkan program insentif yang memungkinkan streamer mendapatkan pendapatan dari iklan setiap bulannya. Disebut sebagai Ad Insentif Program (AIP), program insentif ini hanya akan didapat oleh streamer terpilih di Twitch.

Pada dasarnya program insentif sudah lama tersedia di Twitch. Namun, penghasilan yang didapatkan streamer bervariasi setiap bulannya, tergantung pada basis pengikut tetap.

Banyak dari para streamer merasa kesulitan mendapatkan penghasilan tetap. Lain halnya dengan streamer papan atas yang bisa mendapatkan uang dengan jumlah yang konsisten setiap bulan.

"Memiliki pendapatan minimun dari iklan akan memungkinkan Anda merencanakan masa depan dengan lebih baik. Kami berharap ini dapat memberdayakan kreator konten," kata Twitch di situs resminya.

Baca juga: Twitch Punya Fitur untuk Tandai Pengguna Toxic

Secara teknis, program ini akan menawarkan sejumlah mitra dan afiliasi terpilih untuk melakukan pembayaran setiap bulan. Sebagai gantinya, kreator konten atau streamer juga harus melakukan streaming selama jumlah jam minimum yang ditetapkan per bulannya.

Untuk menjalankan prgram ini, Twitch sudah menentukan grup streamer terpilih agar ikut serta. Mereka yang terpilih akan mendapatkan pesan yang mengundang mereka untuk bergabung dalam program AIP.

Besaran penghasilan tetap di Twitch

Ada beberapa opsi pendapatan tetap yang ditentukan Twitch dalam program AIP, namun secara umum durasi streaming yang diminta adalah 40 jam setiap bulan.

Mereka yang sanggup memenuhi permintaan itu, akan mendapatkan penghasilan tetap senilai 100 dolar AS (Rp 1,4 juta) jika bersedia menayangkan iklan selama 2 menit per jam.

Ada pula opsi penghasilan 300 dolar AS (Rp 4,3 juta) jika streamer bersedia menjalankan iklan 3 menit per jam, serta 500 dolar AS (Rp 7,1 juta) untuk iklan 4 menit setiap jamnya.

Streamer yang sanggup memenuhi ketentuan itu dijamin mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan, berapa pun jumlah penontonnya. Jika jumlah jam minimun tercapai, selanjutnya streamer akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan tarif normal.

Baca juga: Twitch Ungkap Kenapa Hacker Bisa Bobol Server Perusahaan

Sebelum program AIP tersedia, streamer Twitch biasanya mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber, yaitu dari iklan, konten berbayar, Bits (item virtual yang dijual) hingga uang tip dari audiens.

Namun tidak semua streamer bisa menghasilkan uang di Twitch. Sebab, platform streaming ini menetapkan kriteria tertentu seperti jumlah pengikut hingga durasi streaming, sebelum mengundang streamer ke program berbayar yang memungkinkan streamer mendapatkan penghasilan.

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Sabtu (26/2/2022), Twitch biasanya menetapkan bagi hasil 50/50 dari pendapatan yang streamer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com