Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Sinyal 3G di Seluruh Indonesia Dimatikan, Kominfo?

Kompas.com - 01/03/2022, 08:55 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia sudah mulai mengadopsi teknologi jaringan terkini, ditandai dengan dimulainya komersialisasi jaringan generasi kelima (5G) di Indonesia sejak Mei 2021. Namun, kehadiran 5G ini juga turut diwarnai dengan rencana penghapusan jaringan lawas 3G.

Pada akhir Desember 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan tengah melakukan kajian mendalam terkait rencana penghapusan sinyal 3G di seluruh Indonesia.

Juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan penghapusan sinyal 3G tengah dipertimbangkan karena jaringan ini dinilai sudah lawas.

Selain itu, jaringan 3G dianggap memiliki sejumlah kendala seperti kecepatan yang kurang maksimal, sinyal yang tidak stabil, dan kapasitas layanan yang kurang memadai.

Karena itulah, layanan 3G di Indonesia seharusnya dialihkan menggunakan layanan 4G LTE yang lebih baru.

Lantas, kapan tepatnya sinyal 3G di Indonesia benar-benar dimatikan sepenuhnya?

Terkait pertanyaan ini, Dedy tidak memberikan jawaban yang pasti. Ia hanya mengatakan bahwa rencana penghapusan sinyal 3G di seluruh Indonesia masih memerlukan pembahasan bersama para operator seluler dan pihak terkait lainnya.

"Tujuannya agar transisi dari layanan berbasis teknologi 3G menjadi layanan berbasis teknologi 4G tidak mengurangi jangkauan layanan yang telah dimanfaatkan sebelumnya oleh masyarakat," kata Dedy melalui pesan singkat kepada KompasTekno.

Dedy menegaskan bahwa hingga saat ini, belum ada pemberlakuan kewajiban dari Kominfo kepada operator seluler terkait penghentian sinyal 3G di Indonesia.

"Kementerian Kominfo pada prinsipnya menyerahkan keputusan penghentian sinyal 3G  kepada pihak direksi operator seluler," kata Dedy.

Dedy hanya mengingatkan, dalam proses penghentian sinyal layanan 3G oleh operator seluler sedianya agar tetap memperhatikan kewajiban dari operator seluler, termasuk pelaksanaan perlindungan konsumen.

Dari penjelasan Dedy tersebut, bisa disimpulkan bahwa sinyal 3G di seluruh wilayah Indonesia kemungkinan besar belum akan dimatikan secara total dalam waktu dekat ini.

Kapan operator seluler matikan 3G?

Meski belum ada kewajiban untuk mematikan sinyal 3G di Indonesia, operator seluler di Indonesia sudah mulai melakukan migrasi layanan 3G ke 4G. Bahkan ada operator seluler yang sudah resmi mematikan layanan 3G, seperti Smartfren, misalnya.

Smartfren sendiri sudah sepenuhnya mematikan jaringan 3G berbasis CDMA sejak 2017 lalu. Kini, operator seluler anak usaha Grup Sinar Mas tersebut sudah beralih total menyediakan seluruh layanan seluler di jaringan 4G LTE saja.

Yang terbaru, pada akhir Januari 2022 ini, Telkomsel secara resmi telah mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE secara bertahap, mulai tahun 2022 ini.

Baca juga: Telkomsel Mulai Matikan 3G, Begini Cara Tukar SIM Card 4G

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com