Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Resmi Pensiunkan Smartphone Galaxy Note

Kompas.com - 01/03/2022, 11:53 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah meramaikan pasar ponsel flagship selama kurang lebih 10 tahun, lini Galaxy Note akhirnya resmi dipensiunkan oleh Samsung.

Kabar tersebut dipastikan langsung oleh bos divisi mobile Samsung, Roh Tae-moon, dalam pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Tae-moon mengatakan bahwa pihaknya hanya akan mempensiunkan merek Galaxy Note saja.

Pasalnya, di masa depan, Samsung akan tetap menghadirkan ponsel serupa Galaxy Note yang hadir dengan S Pen, sebagai seri baru dari Galaxy S Series untuk model teratas.

"Ke depannya, ponsel Galaxy Note akan hadir dalam model (Galaxy S Series) Ultra," jelas Tae-moon, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Ketika Samsung Galaxy S22 Ultra Lebih Cocok Bernama Galaxy Note 22...

Kabar ini sendiri tampaknya tidak begitu mengejutkan. Sebab, rumor terkait dipensiunkannya seri Galaxy Note sudah muncul sejak 2020 lalu.

Seri Galaxy Note yang terakhir diluncurkan Samsung adalah Galaxy Note 20 series pada 2020 lalu. Sejak saat itu, rumor terkait pensiunnya Galaxy Note mulai berkembang.

Rumor tersebut kian menguat pada 2021 lalu ketika bos Samsung memastikan tidak ada Galaxy Note yang dirilis pada tahun tersebut.

Pada awal 2022 ini, Samsung mulai memperkenalkan model terbaru dari Galaxy S Series yang memiliki S Pen dan desainnya menyerupai ponsel Galaxy Note, yang kemudian diberi nama Galaxy S22 Ultra.

Dengan begitu pada tahun-tahun ponsel flagship Galaxy S Series model Ultra bakal dibekali dengan S Pen dan memiliki desain ikonik khas Galaxy Note.

Meski demikian, Samsung tidak menjelaskan alasan perusahaan mempensiunkan seri Galaxy Note ini.

Namun, sejumlah rumor menyebut bahwa Samsung akan lebih fokus pada pengembangan ponsel lipat Galaxy Z.

Pensiun setelah satu dekade

Seri pertama Galaxy Note diumumkan Samsung lebih dari satu dekade lalu, tepatnya pada Oktober 2011.

Kala itu, Galaxy Note generasi pertama memiliki layar 5,3 inci, terbesar di masanya dan merupakan nilai jual dari seri ponsel tersebut.

Baca juga: Samsung Dikabarkan Setop Galaxy Note, Fokus ke Ponsel Lipat Galaxy Z

Seiring berjalannya waktu, layar Galaxy Note Series semakin ditingkatkan, mulai dari Galaxy S7 yang berukuran 5,1 inci, hingga Galaxy Note 20 Ultra yang berukuran 6,9 inci.

Meski layarnya berbeda, S Pen tetap menyertai setiap model Galaxy Note dari tahun ke tahun dan menjadi fitur ikonik Galaxy Note Series, tentunya dengan berbagai peningkatan dan teknologi terbaru yang disematkan dalam aksesori tersebut.

Kini, S Pen di Galaxy S22 Ultra yang diklaim sebagai S Pen tercepat dengan latency 2,8 ms sudah dibekali dengan banyak fitur, mulai dari Air Command, Air Gesture, S Pen Text to Digital, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com