Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di IG, Begini Arti "Your February Dump" dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 01/03/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ramai di platform media sosial Instagram (IG), pengguna membagikan Story dengan stiker bertuliskan “Your February Dump” atau “February Dump”.

Stiker dari fitur Add Yours itu ditempelkan pada kolase foto pengguna, kemudian diunggah jadi Story. Fitur Add Yours dalam koleksi stiker IG memungkinkan pengguna untuk membagikan Story dalam kategori atau topik tertentu, termasuk topik “Your February Dump”.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa saling membagikan Story dengan topik yang sedang populer. Sementara itu, Arti Your February Dump sendiri bukanlah “Sampah Februari milik Anda”.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara di Android

Sebagai topik yang tengah ramai digunakan jadi stiker IG, kata “Dump” pada tulisan tersebut bisa juga memiliki arti sebagai tumpukan data lama dari memori perangkat, dikutip dari kamus bahas inggris Cambridge.

Jadi, “Your February Dump” secara kontekstual bisa dimaknai sebagai tumpukan data lama dari memori perangkat milik Anda yang dibuat di bulan Februari.

Dengan makna seperti itu, tak heran pengguna IG membagikan kolase foto sebagai data lama di memori ponsel yang telah diambil sepanjang bulan Februari.

Topik “Your February Dump” ini digunakan untuk menandai akhir bulan Februari dan menyabut datangnya bulan baru Maret.Tren menggunakan topik ini jadi stiker IG biasanya bakal muncul tiap akhir hingga awal bulan.

Jadi bagi Anda yang berminat, masih ada kesempatan untuk mengikuti tren tersebut. Apabila Anda ingin membuat “Your February Dump” di Story IG, simak caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi IG di ponsel Anda dan buat Story dengan klik ikon tambah
  • Setelah kamera Story terbuka, pilih opsi “layout” untuk mulai membuat kolase foto, atur jumlah bingkai untuk memuat foto sesuai kebutuhan
  • Klik ikon galeri ponsel, pilih dan masukkan foto yang pernah diambil di bulan Februari ke dalam bingkai tersebut
  • Selain itu, Anda juga bisa membuat kolase lewat platform edit foto seperti Picsart atau Canva, baru kemudian diunggah menjadi Story IG
  • Setelah memiliki kolase foto di Story IG, klik opsi “Stiker”
  • Pilih stiker “Add Yours”, tambahkan tulisan “Your February Dump” di kolom yang tersedia
  • Selanjutnya, tinggal klik opsi unggah untuk mulai menayangkan kolase foto dengan topik “Your February Dump”.

Sementara itu, stiker “Your February Dump” tersebut juga bisa diakses lewat Story yang telah dibuat dulu oleh pengguna lain. Saat Anda menemukan Story IG dengan stiker “Your February Dump”, klik opsi “Add Yours” yang tertera di stiker tersebut.

Baca juga: 5 Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Diam-diam Tanpa Ketahuan

Aplikasi bakal secara otomatis mengalihkan Anda untuk membuat Story baru yang tercantum stiker tersebut. Lalu tambahkan kolase foto dari galeri ponsel Anda, kemudian unggah jadi Story IG.

Demikian cara membuat “Your Februay Dump” di Story IG, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com