Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Transfer Antar-bank via BI Fast BSI dengan Biaya Rp 2.500

Kompas.com - 04/03/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI), kini tak perlu khawatir dengan biaya transfer antar-bank. BSI telah memberlakukan kebijakan transfer antar-bank dengan biaya hanya Rp 2.500, melalui layanan BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment.

Layanan transfer BI Fast BSI dengan biaya Rp2.500 tersebut bisa dilakukan nasabah lewat aplikasi BSI Mobile. Namun, sebelum bisa menikmati layanan tersebut, nasabah BSI harus memiliki atau telah mengaktivasi akun pengguna terlebih dahulu di BSI Mobile.

Baca juga: Cara Top Up e-Money lewat Livin by Mandiri dan BSI Mobile

Aktivasi BSI Mobile bisa dilakukan langsung di aplikasi dengan memilih menu “aktivasi”. Kemudian memasukkan nomor ponsel aktif dan kode aktivasi yang dikirim melalui SMS. Kode aktivasi tersebut bisa didapat dengan menghubungi call center BSI di nomor 14040.

BSI Mobile sendiri bisa diunduh melalui toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iPhone). Setelah memiliki aplikasi serta akun penggunanya, berikut cara transfer BI Fast BSI lewat aplikasi BSI Mobile:

  • Buka aplikasi BSI Mobile dan login menggunakan akun pengguna Anda
  • Pilih menu “Transfer” yang ada di halawan awal aplikasi
  • Kemudian, pilih menu “BI Fast”
  • Pilih layanan “Transfer BI Fast”
  • Masukkan nomor rekening tujuan
  • Masukkan nominal yang ingin ditransfer
  • Selanjutnya, ikuti langkah sesuai petunjuk hingga transaksi berhasil.

Dikutip dari laman resmi BSI, cara transfer BI Fast BSI tidak hanya bisa diakses nasabah lewat BSI Mobile, melainkan bisa juga melalui mesin BSI Net, dan Teller di seluruh kantor cabang BSI.

Dengan BI Fast, BSI semakin mengakselerasi layanan digital ke seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan transaksi real time, cepat, aman, murah dan sesuai prinsip syariah.

Sementara itu, BI Fast sendiri merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang disediakan Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Sebagai suatu sistem, BI Fast bukanlah berupa aplikasi khusus, melainkan layanan yang langsung terintegrasi dan dapat diakses melalui aplikasi buatan industri sistem pembayaran, salah satunya seperti BSI Mobile.

Baca juga: 2 Cara Transfer Antar-bank via BI Fast di BCA, Biaya Cuma Rp 2.500

Melalui layanan BI Fast, Bank Indonesia menawarkan berbagai keunggulan bagi bank peserta dan nasabah, mulai dari waktu penyelesaian transaksi lebih cepat, keamanan lebih tinggi, serta biaya transaksi antar-bank yang relatif murah, hanya Rp 2.500.

Biaya transfer antar-bank Rp 2.500 tersebut berlaku untuk bank yang sudah bergabung dalam BI Fast. Sejauh ini sudah terdapat 42 bank yang jadi peserta layanan BI Fast, diantaranya seperti bank BSI, BNI, BCA, Mandiri, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com