Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Pelacak Jet Elon Musk Kini Incar Putin dan Elite Rusia

Kompas.com - 04/03/2022, 16:27 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu nama Jack Sweeney ramai diperbincangkan di internet karena "menguntit" pergerakan jet pribadi milik CEO Tesla Elon Musk.

Remaja 19 tahun asal Florida, Amerika Serikat, tersebut diketahui menggunakan bot untuk melacak jet Elon Musk, dan melaporkan hasil pelacakannya di akun Twitter dengan handle @ElonJet.

Kini di tengah invasi Rusia ke Ukraina, Sweeney memiliki target baru, yaitu pesawat jet yang berkaitan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan orang penting (VIP) Rusia. Semua hasil pelacakan dilaporkan melalui akun bot di Twitter dengan handle @PutinJet.

Baca juga: Elon Musk Tawari Seorang Remaja Uang Rp 72 Juta gara-gara Akun Twitter

Tak hanya Putin, jet pribadi milik sejumlah miliarder Rusia juga tak lepas dari pelacakan Sweeney. Ia juga melaporkan hasil pelacakan ini melalui akun bot lain di Twitter dengan handle @RUOligarchJets.

Adapun miliarder yang dilacak seperti pemilik klub sepak bola Chelsea, Roman Abramovich, pengusaha yang disebut sebagai orang terkaya Rusia Alisher Usmanov dan Kepala produsen gas terbesar kedua Rusia Novatek, Leonid Mikhelson.

Pergerakan Pesawat Putin dan VIP Rusia

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Sweeney mengungkapkan bahwa netizen Twitter telah mendesaknya untuk melacak Putin, pasca-serangan Rusia ke Ukraina.

Menanggapi permintaan tersebut, Sweeney mulai melacak nama dan nomor ekor pesawat dari jet yang diyakini milik Putin atau pejabat penting Rusia.

Dalam twit pertama akun bot @PutinJet yang diunggah 26 Februari 2022, jet milik VIP Rusia yang dilacak Sweeney memiliki plat nomor RA-96012, RA-96016, RA-96017, RA-96014, RA-96018, RA-96019, RA-96020, RA-96022, RA-96023, RA-96021, dan RA-96024.

Akun bot yang baru dibuat pada Februari 2022 itu juga memanfaatkan data dari transponder pesawat. Data yang tersedia untuk umum ini terdiri dari garis bujur, garis lintang, dan ketinggian.

Melalui sejumlah twit, akun @PutinJet melaporkan informasi soal aktivitas jet VIP Rusia, termasuk lokasi saat lepas landas dan mendarat, serta estimasi waktu penerbangan.

Akun itu juga menampilkan rute pergerakan jet milik VIP Rusia, dan informasi penerbangan lainnya dari situs ADSBexchange.com.

Baca juga: Airbus dan Boeing Setop Kirim Suku Cadang Pesawat ke Rusia

Situs ADS-B Exchange disebut-sebut sebagai situs co-op feeder ADS-B/Mode S/MLAT terbesar di dunia, dan sumber data penerbangan publik tanpa filter terbesar di dunia.

Misalnya, jet dilaporkan lepas landas atau mendarat di dekat Moskow atau jet berputar-putar di sekitar wilayah bandara internasional Ufa.

Dari hasil pelacakan @PutinJet, jet pribadi yang diyakini ditumpangi oleh Presiden Putin atau orang penting Rusia lainnya hanya terbang di dalam wilayah Rusia saja.

"Saya tidak berpikir dia (Putin/VIP Rusia) akan meninggalkan negara itu sekarang,” kata Sweeney dalam sebuah wawancara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com